BerandaKARIMUNKadis PMD Karimun Dukung...

Kadis PMD Karimun Dukung Pemekaran Desa

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab.Karimun Jackie Stewart Touw mendukung usulan pemekaran desa baru.

Dengan adanya pemekaran desa baru, maka akan mempermudah serta mempercepat pembangunan di daerah tersebut.

“Kita mendukung. Silakan masyarakat memberi masukan atau usulannya ke kami untuk sama-sama dibahas lebih lanjut,” ungkap Jackie, Sabtu (18/3/2023).

Jackie menyampaikan jika memang daerah tersebut sudah memadai untuk diadakan pehekaran, maka boleh usulan tersebut disampaikan ke Bupati Karimun

“Sampai saat ini belum ada usulan dari masyarakat yang masuk ke dinas terkait pemekaran desa. Namun jika masyarakat meminta untuk dilakukan pemekaran, silahkan masukkan usulan ke Dinas PMD Karimun,” ucapnya.

Ia menambahkan, ketika usulan tersebut disetujui oleh Bupati, maka selanjutnya akan dilakukan kajian akademis yang menjadi dasar perda.

Saran Berita  Warga Moro Keluhkan Tiang Listrik Banyak yang Rusak

“Mekanismenya seperti itu. Ketika usulan dari masyarakat disetujui, maka selanjutnya akan dilakukan kajian yang melibatkan tim ahli dan akademisi dari universitas sebagai dasar penetapan peraturan daerah,” lanjutnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Keban Kecamatan Moro Taufiq Yusuf mengatakan, terkait pemekaran desa, dirinya juga ingin mengusulkan diadakan pemekaran desa baru di wilayahnya.

“Usulan ini dulunya secara lisan pernah kami sampaikan ke anggota dprd, untuk pemekaran desa baru di daerah kami,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, menyambut baik atas wacana dorongan pemekaran desa baru di kab.karimun.

“Kami berharap pemekaran desa baru ini bisa cepat terwujud sehingga bisa mempercepat pembangunan,” sebutnya.

Menaggapi pernyataan Kades Keban Kecamatan Moro, anggota DPRD Kab.Karimun Fraksi Golkar Samsuliwan menyatakan siap mendukung pemekaran desa baru di Kecamatan Moro.

Saran Berita  Pelantikan Pengurus LAM Provinsi Kepri Kab.Karimun, 140 orang Memperoleh Gelar "Datuk".

“Saya siap mendukung dan saat ini kami juga terus berkoordinasi dengan tim masyarakat sebagai tindak lanjut untuk pemekaran. Intinya kita meminta dokumen pengajuannya harus dibuat secara matang, komprehensif dan terkonsolidasi untuk kemudian diajukan ke pemerintah daerah,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa daerah diantaranya Desa Keban dari Kecamatan Sugie Besar, Kelurahan Moro, dan Kelurahan Moro Timur Kecamatan Moro serta daerah lainnya yang masyarakatnya sudah berkordinasi untuk pemekaran desa baru.

“Tindak lanjut masyarakat tersebut akan terus saya kawal untuk dapat diwujudkan sesuai regulasi yang berlaku. Saya tetap terus membantu fasilitasi masyarakat terkait wacana dorongan pemekaran desa baru,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine