BerandaKARIMUNDPC.GMNI Kab.Karimun Gelar Kegiatan...

DPC.GMNI Kab.Karimun Gelar Kegiatan Kaderisasi Tingkat Dasar Angkatan Pertama

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – DPC.Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kab.Karimun menggelar kegiatan kaderisasi tingkat dasar angkatan pertama di Hotel Karimun City, Sabtu (04/03/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari dari tanggal 03 – 05 Maret 2023. Diikuti peserta dari DPC.GMNI Kab.Karimun, DPC.GMNI Kota Batam dan DPC.GMNI Tanjungpinang.

Ketua DPC.GMNI Kab.Karimun Ria Pazira menuturkan, kegiatan kaderisasi tingkat dasar (KTD) kali ini lebih spesial karena dilaksanakan beberapa event dalam satu kegiatan.

“Kegiatannya antara lain ada penyampaian materi muatan lokal, santunan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta aksi simpatik turun ke jalan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus DPP. GMNI pusat dengan melibatkan narasumber dari ketua DPRD Kab.Karimun Muhammad Yusuf Sirat, perwakilan dari Dinas Kesbangpol Karimun, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Karimun, Bawaslu Ksrimun serta dosen dari Universitas Karimun.

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut ada 6. Pertama manajemen organisasi, selanjutnya tentang pengantar politik, analisis sosial, 4 kutub nasionalisme, nasionalisme Indonesia dan terakhir manajemen aksi,” jelasnya.

Saran Berita  FSPMI PT Saipem Gelar Pemilihan Ketua, Aryo Siap Jadikan Pekerja Lebih Didengar dan Dihargai

Ria melanjutkan, kegiatan kaderisasi tingkat dasar tersebut merupakan kegiatan regenerasi GMNI serta langkah awal kaderasi bagi anggota GMNI yang sudah di PPAB.

“Didalam kegiatan kaderisasi ini bagaimana cara kita pematangan karena di kegiatan pekan penerimaan anggota baru (PPAB) itu sifatnya kita memberikan materi secara umum. Nah di kegiatan ini kita lakukan pematangan, bagaimana seorang kader GMNI, apa tugas kader GMNI, apa yang perlu dilakukan sebagai kader dan apa tujuan GMNI,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan DPP. GMNI Pusat Koordinator Indonesia Election Watch Rezki Aminanda.S.IP yang juga sebagaj pemateri seminar yang bertemakan “politik identitas sebagai ancaman keutuhan bangsa serta peran pemuda dalam merekatkan persatuan dan kesatuan jelang perhelatan pemilu 2024” menegaskan beberapa poin penting yang harus diketahui oleh pemuda saat ini.

“Trend politik nasional yang berdampak ke daerah itu salah satunya adalah kapitalisasi politik identitasnya. Karena pemilu kita ini dirancang agar equality atau kesetaraan, dimana jangan sampai yang memiliki uang bisa berkuasa dengan memanfaatkan hartanya, peran serta pemuda sangat perlu mengetahui dan menyikapi masalah ini,” tuturnya.

Saran Berita  Klarifikasi Kehadiran Aunur Rafiq di Rakerda PDIP Kepri, Ini Jawaban DPD Golkar Karimun

Ia menambahkan, dalam kontestasi politik yang akan berlangsung tahun depan, peran serta pemuda juga tak kalah penting dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan dengan mencegah adanya politik identitas.

“Contoh simplenya politik identitas itu adalah tidak menyuarakan atau mengajak masyarakat untuk tidak memilih salah satu peserta pemilu dengan alasan identitas baik itu berkaitan dengan SARA atau yang lainnya,” tuturnya.

Terakhir ia berharap pemerintah serta pelaksana pemilu memiki alat yang mudah di akses oleh masyarakat agar mereka bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah serta tidak terikut kedalam permainan politik identitas. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine