BerandaKARIMUNTes Antigen Masih Jadi...

Tes Antigen Masih Jadi Syarat Wajib Pasien Rawat Inap, Berikut Penjelasan Dirut RSUD M.Sani

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Tes antigen masih menjadi syarat wajib bagi pasien rawat inap di beberapa rumah sakit yang ada di Karimun.

Seperti RSUD Muhamad Sani, dan Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT). Kedua RS ini masih memberlakukan tes antigen sebagai syarat wajib untuk pasien rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rahmadi mengatakan, pasien rawat inap rumah sakit wajib antigen tersebut merupakan Standard Operasional Prosedur (SOP) dari rumah sakit tersebut.

“Itu merupakan (SOP) rumah sakit. Kami dari Dinas Kesehatan tidak bisa menyebutkan alasannya kenapa, mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak rumah sakit untuk lebih jelasnya,” ujarnya.

Saran Berita  Kajari Karimun Resmikan Rumah RJ di Kelurahan Sungai Raya

Terpisah Direktur RSUD Muhammad Sani Rosdiana saat dikonfirmasi menjelaskan, syarat wajib antigen diterapkan mengingat hingga saat ini status di Indonesia masih pandemi.

“Status kita belum ke endemi. Jadi rumah sakit di Karimun maupun di luar Karimun masih tetap memberlakukan syarat wajib antigen bagi pasien rawat inap,” bebernya.

Ia melanjutkan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah agar pasien yang ternyaya positif covid tidak dirawat di ruang inap bersama pasien lainnya.

Saran Berita  Seorang Pengamen Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Ruko Kosong

“Jika pasien yang ternyata positive covid, maka ruang rawat inapnya itu tersendiri, dan terpisah dari pasien lainnya. Menghindari risiko penularan,” tegasnya.

Menurutnya, pencabutan aturan wajib antigen oleh pihak rumah sakit bisa terlaksana jika status pandemi sudah benar-benar menjadi endemi.

“Jika dari pusat sudah mengeluarkan aturan terkait kondisi endemi mungkin tes antigen tidak lagi menjadi syarat pasien rawat inap wajib antigen. Kita sama-sama berdo’a dan berharap semoga kita benar-benar sudah di kondisi endemi,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine