BerandaKARIMUNPasang Rob dan Hujan...

Pasang Rob dan Hujan Deras Landa Karimun, BMKG Minta Masyarakat Pesisir Berhati-Hati

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – BMKG Karimun minta masyarakat tetap tenang, dan tingkatkan kewaspadaan terkait kondisi pasang rob ditambah musim penghujan yang melanda Kab.Karimun.

Kepala Stasiun BMKG Raja Haji Abdullah Karimun Ilham Syarief Putra mengatakan, kondisi pasang rob di Karimun terjadi akibat fenomena super new moon.

“Fase bulan baru bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan dengan bumi) yang terjadi pada tanggal 21 Januari 2023 memyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang laut,” ulas Ilham.

Saran Berita  Kepala Dinas KKP Provinsi Kepri Promosikan Rumput Laut Moro Karimun di SIFFEST 2022 Surabaya

Ilham melanjutkan, terjadinya pasang laut tersebut diperkirakan dapat mencapai pasang maksimal dengan ketinggian 4 meter.

“Fase ini diperkirakan berlangsung hingga tanggal 26 Januari 2023. Oleh sebab itu masyarakat yang tinggal di pesisir diminta untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

Kondisi pasa rob ini bisa semakin diperparah dengan musim penghujan yang saat ini juga terjadi di Karimun.

Saran Berita  Tuntaskan Tunda Salur, APBD Perubahan Karimun Tahun 2022 Disahkan Rp1.442 Triliun

“Saat ini juga kondisi cuaca di Karimun hujan ringan hingga lebat disertai angin dengan kecepatan 3-17 knot arah barat laut – utara, sehingga menyebabkan kondisi pasang bisa semakin tinggi,” terangnya.

Masyarakat pesisir juga diminta untuk senantiassla memonitor perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca melalui info BMKG Karimun untuk berjaga-jaga serta meningkatkan kewaspadaan. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine