BerandaKARIMUNDesa Pongkar Karimun Bersolek,...

Desa Pongkar Karimun Bersolek, Bangun Mini Zoo dan Jembatan Terapung untuk Tarik Wisatawan

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, terus bersolek.

Tak cukup hanya mengandalkan Pantai Pongkar, Pantai Ketam, dan Air Terjun, Desa Pongkar bakal menambah fasilitas destinasi wisata berupa jembatan terapung, dan mini zoo di tahun 2024.

Kepala Desa Pongkar Abdul Jamal mengatakan, pembangunan jembatan terapung serta mini zoo merupakan program gagasan yang memang ditujukan untuk peningkatan kunjungan wisatawan.

Dengan tambahan destinasi wisata baru di Desa Pongkar, tentunya berdampak pada pergerakkan roda ekonomi masyarakat.

“Sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepri no.1263 tahun 2022 tentang penetapan destinasi pariwisata, kawasan strategis pariwisata, dan daya tarik wisata Prov.Kepri, Pantai Pongkar dan Air Terjun Desa Pongkar masuk dalam kategori daya tarik wisata Provinsi Kepulauan Riau bersama Pantai Pelawan, Kolam Air Panas Tanjung Hutan, dan Coastal Area,” tuturnya.

Saran Berita  Polsek Tebing Berhasil Ringkus Pencuri Spesialis Kotak Amal

Berkaitan dengan hal tersebut, kepala desa pongkar mengatakan, sedari awal dirinya sudah membuat konsep serta perencanaan berkaitan dengan pembangunan pembangunan objek wisata di Desa Pongkar.

“Sewaktu kunjungan Gubernur Kepri ke Desa Pongkar, saya sempat memperlihatkan konsep pembangunan jembatan, dan disetujui oleh gubernur. Namun pembangunannya baru akan diadakan di APBD-P tahun 2023,” ucap Abdul Jamal, Jumat (6/1/2023).

Jembatan sepanjang 600 meter (sesuai perhitungan Kepala Desa Pongkar), dibangun menuju ke laut sehingga wisatawan dapat menikmati view pantai beserta gunung di lokasi tersebut dari tengah laut.

Saran Berita  Kajari Karimun Resmikan Rumah RJ di Kelurahan Sungai Raya

“Pak Gubernur Kepri berencana menganggarkan Rp1 miliar untuk pembangunan jembatan tersebut. Selain itu, di sekitar jembatan itu nantinya di adakan juga coffeshop setiap jarak 100,” ungkapnya.

Di tahun 2024 nantinya, Gubernur Kepri juga merencanakan pembangunan mini zoo di Desa Pongkar.

“Menurut informasi, mini zoo tersebut akan dibangun di lepas pantai yang memiliki lahan sekitar 5 hektare, dan pembangunannya itu setau saya direncanakan sekitar tahun 2024,” ungkapnya.

Kades Pongkar berharap, dengan dibangunnya jembatan terapung serta mini zoo tersebut, Desa Pongkar akan semakin ramai dikunjungi wisatawan sehingga roda perekonomian masyarakat akan semakin bergeliat. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine