BerandaKARIMUNPenerimaan PKB dan BBM...

Penerimaan PKB dan BBM Samsat Karimun Pasca Program Pemutihan Sudah Lampaui Target

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Biaya Balik Nama (BBM) Samsat Karimun selama masa pemutihan tahun 2022 sudah melebihi target yang ditentukan pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala UPT-PPD Samsat Karimun Deni Rezki Saputra melalui Kasi Penetapan Samsat Karimun Roni Ismaryanto, Kamis (29/12/2022).

“Penerimaan PKB Samsat Karimun sudah melebihi target yang ditetapkan oleh kantor pusat yakni 110 % dengan jumlah sekitar Rp23 miliar, dan BBM 116 % dengan jumlah penerimaan sekitar Rp12 miliar,” ungkapnya.

Menurutnya, program pemutihan yang dijalankan selama ini telah maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat Kab.Karimun, terbukti dengan penerimaan yang melebihi target.

“Kalau berdasarkan yang ditetapkan pusat, Samsat Karimun sudah melebihi target. Hanya pajak atas pengambilan/dan atau pemanfaatan air permukaan PAP yang masih 79% penerimaannya,” terangnya.

Saran Berita  Soal Eksekusi Lahan di Coastal Area, Ini Kata Pakar Hukum UNRIKA

Program pemutihan tersebut memang ditargetkan untuk memenuhi penerimaan bagi para penunggak yang telah lebih 2 tahun tidak membayarkan pajak kendaraan bermotornya.

“Target dari program pemutihan ini tentunya para penunggak yang sudah 2 tahun lebih tidak membayar pajak kendaraan bermotornya, dan sampai saat ini juga masih tetap ada beberapa penunggak yang belum membayarkan pajak kendaraan bermotornya,” tuturnya.

Pihak Samsat Karimun juga sudah mengirimkan surat kepada para penunggak untuk segera menyelesaikan tunggakan pajaknya.

“Kita sudah mengirimkan surat peringatan setiap hari ke penunggak pajak untuk segera melunaskan pajak kendaraan bermotornya,” imbuhnya.

Adapun kendala yang dihadapi Samsat Karimun terhadap wajib pajak yang masih menunggak adalah banyaknya kendaraan bermotor yang menunggak pajak namun posisi pemilik dan kendaraannya yang tidak pasti berada dimana.

Saran Berita  Usai Verifikasi Faktual KPU Kab.Karimun, Partai Gelora Pasang Target 3 Kursi DPRD

“Banyak juga penunggak pajak yang nomer plat karimun, namun pemilik dan kendaraan tersebut tidak berada di Karimun. Itu juga yang membuat kami sulit untuk mengirimkan surat tunggakannya,” keluhnya.

Sementara itu, untuk program penghapusan data kendaraan bermotor atas penunggak pajak yang melebihi 2 tahun, sampai saat ini pihak Samsat Karimun belum mengetahui pasti kapan diberlakukannya.

“Untuk kebijakan penghapusan data kendaraan bermotor, sampai saat ini kami belum menerima petunjuk teknis pelaksanaannya, hanya kebijakan penghapusan biaya balik nama BBN2 saja yang akan diberlakukan januari 2023 nantinya, namun dihimbau kepada wajib pajak untuk segera melunaskan tunggakan pajaknya agar terhindar dari penghapusan data kendaraan bermotor,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine