BerandaKARIMUNAdvokat Muda Karimun Raih...

Advokat Muda Karimun Raih Gelar Doktor Hukum Prediket Summa Cumlaude

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Advokat Muda di Karimun Edwar Kelvin berhasil mempertahankan Disertasinya dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum di Universitas Islam Sultan Agung Semarang, rabu (28/12/2022).

Pemuda kelahiran Pekanbaru berdarah tapanuli yang selama ini berkiprah sebagai pengacara di karimun, resmi menyandang Titel Doktor (S3) setelah sukses mempertahankan Disertasi yang berjudul “Rekontruksi Wadah Tunggal Advokat Sebagai Organ Negara Berbasis Nilai Keadilan Pancasila” di depan Para Penguji yang dihadiri secara daring.

Disertasinya tersebut di uji oleh 7 (tujuh) orang penguji diantaranya Prof. Dr. H. Gunarto S.H.,S.E., Akt., M.Hum, Prof. Dr. Hj. Anis Mashdurohatun,S.H.,M.Hum, Prof. Dr.Hj. Sri Endah Wahyuningsih, S.H, M.Hum, Dr. Bambang Tri Bawono, S.H.,M.H, Prof. Dr. H. Akhmad Rofiq,M.A, Prof. Dr. Jamal Wiwoho,S.H.,M.Hum dan Dr. Akhmad Hadi Prayitno,S.H.,M.H yang secara mufakat memberikannya nilai 3,87 dengan prediket summa cumlaude yang artinya “dengan pujian tertinggi”.

Dalam disertasinya tersebut, Kelvin (sapaan akrabnya) memberikan gagasan pemikiran kebaharuan Sistem Organisasi Advokat dimana kedudukan Wadah Advokat yang selama ini berbentuk Organ Perkumpulan (association organs) bersifat penunjang (state auxiliary institutions) diperbarui sehingga memiliki kekuatan constitutional importance yang sejajar dengan state organs institusi penegak hukum lainnya.

Saran Berita  567 Tenaga Guru Ikuti Tes P3K Secara Online

“Tahun 2006 untuk pertama kalinya MK mempopulerkan Organisasi Advokat sebagai organ negara dalam arti luas, yang bersifat mandiri (independent state organ) yang juga melaksanakan fungsi negara, namun pada kenyataannya status tersebut bagai harimau tanpa taring” tegas Advokat yang juga selaku Kepala Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pendidikan DPC Peradi Kab Karimun ini.

Ia menambahkan, idealnya wadah advokat haruslah berbentuk single bar/tunggal karena koherensi dengan filosofis sifat – sifat dan keadaan Pancasila yang bersifat monopluris yang artinya suatu makhluk sejatinya memiliki banyak kodrat (plurar) tetapi satu kesatuan yang utuh (mono) dan ini juga menjadi falsafah pembentukan NKRI maupun organ – organ negara lainnya.

Ia melanjutkan, argumentasi buti uji mengenai pekerjaan yang layak dan kebebasan besyarikat sesuai Pasal 27 ayat (2) dan Pasal 28 E UUD 1945 tidak tepat disematkan pada pengaturan wadah advokat karena ketentuan itu sendirnya sudah dibatasi oleh Pasal 28J ayat (2) UUD 1945 yang menyebutkan hak asasi dapat dikurangi atau dibatasi dalam kondisi tertentu (derogable rights).

“kalau kontruksi pemikiran setiap orang berhak bersyarikat dan memperoleh pekerjaan itu diterapkan disebua tempat, maka tidak bertutup kemungkinan orang bebas menjadi polisi dan membuat instansi kepolisian sendiri, ini sangat gawat,” tegasnya.

Saran Berita  DPD.KNPI Karimun Buka Youth Expo Enterpreneur Milennial 2022

Menurutnya, ayat kontitusi yang mengatur kebebasan bersyarikat dan memperoleh pekerjaan yang layak tersebut hanya diperuntukkan bagi hak privat warga negara, bukan terhadap suatu wadah yang menjalankan fungsi undang – undang seperti halnya organisasi Advokat yang menjalankan 8 (delapan) kewenangan Negara.

Dalam Disertasinya tersebut, Kelvin juga memberikan gagasan untuk membentuk suatu badan eksternal pengawasan Organisasi Advokat. hal tersebut didasarkan pada Konsep rechtsstaat yang lahir dari suatu perjuangan menentang absolutisme dengan membetuk pembagian kekuasaan untuk menghindari penumpukan kekuasaan dalam satu tangan yang sangat cenderung pada penyalahgunaan kekuasaan yang berarti pemerkosaan terhadap kebebasan dan persamaan.

“Hakim diawasi ekseternal oleh KY, Polisi diawasi Kompolnas, Jaksa diawasi Komjak sementara Advokat hanya diawasi oleh Organ yang ada di dalamnya, fungsi pengawasan dilaksanakan untuk memperoleh umpan balik (feed back) untuk melaksanakan perbaikan bila terdapat kekeliruan atau penyimpangan sebelum menjadi lebih buruk dan sulit diperbaiki” ungkapnya

SARAN BERITA
Google search engine