BerandaKARIMUNCegah Kenakalan Siswa, Kadisdik...

Cegah Kenakalan Siswa, Kadisdik Provinsi Kepri Instruksikan Pihak Sekolah Aktiv Gelar Bimbingan

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kepri Andi Agung meminta pihak sekolah aktiv dalam pembinaan, dan pengawasan terhadap siswa.

“Pendidikan ini bukan hanya urusan pemerintah tapi seluruhnya. Dari masyarakat, orang tua dan sekolah harus saling berkolaborasi untuk mencegah dan mengurangi kenakalan remaja,” ungkap Andi Agung, Selasa (13/12/2022).

Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Riau bahwa kegiatan mendidik terdiri dari dua hal yakni transfer knowledge (memberikan pengetahuan), dan change behavior (membentuk karakter).

“Saat ini saya mengapresiasi terhadap progran pembentukan karakter yang di adakan di sekolah-sekolah lewat ekstrakulikuler. Bahkan kalau bisa, setiap malam Minggu, pihak sekolah adakan kegiatan atau acara agar para siswa mengisi malam minggunya dengan kegiatan-kegiatan positive,” tambahnya.

Saran Berita  Gelar Jalan Sehat di Desa Parit, PC PMII Tuai Apresiasi dari Ketua KNPI Karimun Ganar Septiyadi

Kadisdik Provinsi Kepri juga menekankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan permendikbud no.82 tahun 2015 untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman. Serta pencegahan, dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

“Saya mengharapkan para pendidik di sekolah-sekolah harus bertindak sebagai guru BK, agar mempercepat pengembangan karakter para siswa lebih baik ke depan,” ungkapnya.

Terkait pencegahan dan mengurangi kenakalan remaja, salah satu sekolah yakni SMK N 1 Karimun sudah membuat terobosan dengan melakukan pembinaan terhadap siswa yang kedapatan merokok di lingkungan sekolah.

Saran Berita  Sosialisasi Sekaligus Bekali PKK se Kabupaten Karimun Pedoman Ketahanan Keluarga Terhadap Bahaya Narkoba

“Program ini merupakan inisiativ dari sekolah. Dimana kita ketahui bahwa SMK N1 Karimun ini siswanya kebanyakan adalah laki-laki,” ujar Waka Kesiswaan SMK N 1 Karimun Triono.

Pembinaan yang di lakukan kepada siswa yang kedapatan merokok tersebut adalah dengan memberikan bimbingan konseling rutin.

“Siswa yang kedapatan merokok di lingkungan sekolah itu kami berikan bimbingan setiap hari serta memberikan peringatan untuk tidak merokok di lingkungan sekolah. Harapan kami juga para siswa ini juga berhenti merokok di luar lingkungan sekolah,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine