BerandaKARIMUNULPLN Karimun Surati Vendor...

ULPLN Karimun Surati Vendor TV Kabel dan Internet Segera Pindahkan Kabelnya dari Tiang PLN

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – ULPLN Tanjungbalai Karimun telah melarang vendor TV kabel maupun internet untuk menumpang kabelnya menempel di tiang listrik milik PLN tanpa izin.

Larangan tersebut tertuang dalam surat imbauan nomor: 106/KLH/01.01/E10040500/2022 tertanggal 18 Oktober 2022 tentang pelarangan terhadap vendor TV kabel maupun Internet menumpang di tiang PLN tanpa izin tertulis.

“Kami sudah surati para vendor dari jauh hari untuk segera memindahkan kabelnya dari tiang PLN. Mengingat kabel-kabel tersebut dapat mengganggu kelancaran penanganan gangguan sistem kelistrikan,” ungkap Kepala ULPLN Tanjungbalai Karimun, Hendrico saat dihubungi, Selasa (13/12/2022).

Saran Berita  Meski Diguyur Hujan, Fun Walk K3J Sambut HUT ke-23 Kabupaten Karimun Berlangsung Meriah

Yang membuat Hendrico kecewa, imbauan ULPLN tersebut tidak digubris.
Kabel-kabel vendor dari TV kabel maupun internet masih terlihat berserakan di tiang-tiang listrik.

“Memang hanya berupa surat imbauan terkait keselamatan ketenagalistrikan. Kelanjutannya hanya yang mengeluarkan izin usaha, atau yang mengeluarkan izin pemanfaatan jaringan yang dapat melakukan tindakan, posisi ULP TBK tidak dalam kapasitas pemberi izin,” ungkapnya.

Seperti diketahui, sudah ada kejadian akibat kabel yang diduga milik salah satu vendor yang putus melukai pengendara saat melintas.

Bahkan juga menyebabkan seorang pengendara meninggal dunia.

“Kami mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral no.36 tahun 2013, di pasal 22 disebutkan bahwa ULP TBK hanya memberikan teguran tertulis, tindakan tegasnya hanya bisa dilakukan oleh pemberi izin yakni pusat,” tutupnya.

Saran Berita  Pagelaran Seni Budaya Pelangi Nusantara Berkah Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Karimun

Sementara itu, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Kab.Karimun Jantro Butar Butar mendorong pihak ULP PLN Karimun untuk memanggil pihak TV Kabel dan internet yang menumpang kabelnya di tiang PLN.

“Kita minta pihak ULP PLN TBK memanggil vendor yang menumpang di tiang listrik tersebut, karena jeratan akibat kabel putus tersebut sudah memakan korban dan berpotensi membahayakan masyarakat,” tegasnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine