BerandaKARIMUNKejari Tanjungbalai Karimun Tenggelamkan...

Kejari Tanjungbalai Karimun Tenggelamkan Kapal Vietnam di Pulau Pengalap

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungbalai Karimun mengeksekusi kapal ikan asal Vietnam, Kamis (8/12/2022).

Kapal ikan hasil tangkapan itu, dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan di perairan Pulau Pengalap, Kepri Coral Kecamatan Galang, Kota Batam.

Hadir dalam eksekusi itu, Kepala Kajari Karimun Firdaus SH.MH didampingi Kepala Cabang Kajari Karimun di Moro Haryo Nugroho SH.MH, beserta Kasi Intel Kajari Karimun Rezi Dermawan SH.MH.

Proses penenggelaman kapal berdasarkan putusan Mahkamah Agung no. 677K/Pid.Sus/2019 tanggal 18 Juli 2019 jo putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru No. 247/PID.Sus-PRK/2018/PT Tpg tanggal 5 Juli 2018, dilakukan dengan memasukan pasir, dan batu menggunakan alat berat ke dalam lambung kapal.

Saran Berita  Pupuk Silaturahmi, ASN Imigrasi Karimun Dibekali Bina Rohani dan Mental

Selanjutnya kapal diisi air lalu melubangi bagian lambung kapal hingga kapal tenggelam.

“Cara ini dinilai lebih efektiv dan ramah lingkungan sehingga biota laut dan terumbu karang tetap terjaga,” ucap Kepala Cabang Kajari Karimun di Moro Haryo Nugroho.SH.MH.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Firdaus memberikan ucapan terimakasih serta apresiasi kepada seluruh stakholder khususnya aparat penegak hukum, karena telah berhasil menangani perkara tindak pidana umum perikanan.

“Hal ini tidak terlepas dari kerjasama serta solidaritas yang baik antar aparat penegak hukum. Dan ini juga merupakan salah satu ketegasan dari aparat penegak hukum khususnya jaksa yang berada di perairan laut/laut Republik Indonesia kepada kapal asing yang melakukan illegal fishing di wilayah perairan/laut Indonesia,” ungkapnya.

Saran Berita  Peringati Harlah ke-15, DPC Gerindra Karimun Optimis Peroleh 6 Kursi di Pileg 2024

Kegiatan eksekusi ini adalah bagian dari kewenangan Jaksa dalam melaksanakan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Sebagaimana diatur dalam pasal 1 butir 1 UU No. 11 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. (rls/nku)

SARAN BERITA
Google search engine