BerandaKARIMUNAplikasi ARAH-KAN dan Duta...

Aplikasi ARAH-KAN dan Duta PENSI Jadi Penilaian Innovative Goverment Award 2022

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Tim Validator Kemendagri RI didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan validasi lapangan dalam rangka penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022, Kamis (1/12/2022).

“Kami dari Kementerian Dalam Negeri hadir untuk melakukan visitasi atau study lapangan terkait praktek-praktek serta inovasi yang sudah dilakukan di Kab.Karimun. Soalnya, Karimun masuk dalam nominasi penerima penghargaan IGA 2022 untuk kategori daerah inovativ dalam pelayanan publik,” ucap Tim Validator Kemendagri RI, Tri Widodo Wahyu Utomo.

Adapun yang menjadi penilaian adalah, aplikasi ARAH-KAN Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Karimun sebagai salah satu Inovasi Berbasis Digital yang masuk nominasi IGA tahun 2022 Kategori Daerah Perbatasan Terinovatif.

Juga Aplikasi Duta Pensi Covid 19 yang merupakan inovasi non digital yang di kembangkan oleh Puskesmas Meral Barat Kabupaten Karimun.

Saran Berita  DPC Srikandi PP Kabupaten Karimun Mencari Calon Ketua Periode 2022 - 2026

“Inovasinya di Dinas Perikanan serta di Puskesmas Meral ini kami nilai sangat luar biasa. Disamping sangat mempermudah masyarakat sebagai yang dilayani, juga mempermudah pemerintah sebagai pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Inovasi aplikasi ARAH-KAN dari Dinas Kelautan dan Perikanan dibuat tahun 2020, dan di lounching oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Aplikasi yang berbasis digitalisasi tersebut adalah untuk mempermudah pelaku utama perikanan dalam pengurusan administrasi. Cukup menggunakan android atau smartphone untuk mengurus segala administrasi yang dibutuhkan oleh pelaku usaha perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Karimun Ahmadi mengungkapkan, masuknya aplikasi ARAH-KAN sebagai nominator pada IGA 2022 bisa menjadi pemacu semangat.

“Semoga ini menjadi penyemangat rekan-rekan di Dinas Kelautan dan Perikanan dalam melakukan inovasi-inovasi lain untuk mempermudah pelayanan, cepat, tepat dan efesien kepada pelaku utama perikanan,” imbuh Ahmadi.

Saran Berita  Hindari Wabah PMK, 300 Hewan di Kabupaten Karimun Disuntik Vaksinasi

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq sangat mengapresiasi aplikasi ARAH-KAN, dan duta PENSI Covid-19 sehingga Kab.Karimun masuk dalam kategori penerima penghargaan IGA 2022.

“Kita sangat bersyukur, 2 dari 8 inovasi yang kita lakukan ini mendapatkan nilai tertinggi yakni aplikasi ARAH-KAN dan duta PENSI sehingga masuk sebagai nominasi penerima penghargaan IGA 2022 bersaing dengan 5 kota lainnya untuk daerah perbatasan,” tuturnya.

Ia berharap, semoga Kab.Karimun menjadi pemenang penerima penghargaan, dan dua aplikasi tersebut menjadi percontohan untuk skala nasional.

Validasi ini merupakan tahap akhir penilaian dari Tim Kemendagri terhadap nominator IGA 2022. Pemenang akan diumumkan oleh Kemendagri RI pada tanggal 9 Desember 2022 nantinya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine