BerandaKARIMUNProduk UMKM Kabupaten Karimun...

Produk UMKM Kabupaten Karimun Laris Manis di Pameran Majestic Festival Johor Bahru

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Delapan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Karimun mengikuti Pameran Majestic Festival Johor Bahru di Malaysia yang berlangsung dari tanggal 8-18 September 2022

UMKM Kabupaten Karimun yang dikoordinator Yaros (Owner Seblak Instan), Parminah (Owner Kerupuk Ikan Tenggiri Kencana), Sabda Eko (Owner Kulit Ayam, dan Muhammad Ikhsan Hasibuan (Owner Kerupuk Kenara) menampilkan 10 produk makanan olahan.

Diantaranya, kerupuk ikan tenggiri, kerupuk udang, kerupuk kulit ayam, seblak instan. Kemudian ada keripik singkong, dendeng daun singkong, lakse kering asal Penarah, madu dan lain sebagainya.

Keikutsertaan UMKM Kabupaten Karimun hasil patungan. Namun mendapat dukungan sekaligus difasilitasi Konsulat Jendral RI di Johor Bahru Malaysia untuk penempahan stand/booth.

“Jadi kami sangat terbantu dengan fasilitasi dari Konjen RI. Soalnya, untuk
biaya stand/booth cukup mahal yakni seharga 3.000 Ringgit Malaysia,” ujar Owner Kerupuk Kenara, Muhammad Ikhsan Hasibuan, Jumat (30/9/2022).

Saran Berita  Timah Archery Club Kundur Raih Berbagai Prestasi di Porprov Kepri 2022

Yang membanggakan, lanjutkan Ikhsan, selama pameran produk UMKM yang dibawa sangat diminati oleh pengunjung. Baik dari lokal (Malaysia), maupun dari Singapura, Amerika, Korea Selatan, dan Thailand.

“Alhamdulillah 90 % produk yang kami jual di stand UMKM Karimun laris. Bahkan ada beberapa produk sudah habis sebelum tanggal penutupan pameran,” papar Ikhsan.

Ramainya peminat pembeli di Pameran Majestic Festival Johor Bahru, menandakan bahwa produk UMKM Karimun sangat diterima oleh pasar di Malaysia.

Tidak sekadar promosi produk, pelaku UMKM Karimun pun melakukan pertemuan bersama calon buyer di Malaysia, dan Singapura.

Buyer di Malaysia, salah satunya adalah perusahaan Global yang bernama PT Tanivest Agro Development yang memiliki cabang di Singapura, dan Indonesia.

Sedangkan buyer Singapura berlokasi di Peninsula Plaza bersama Access Indonesia Pte Ltd, dan Sam Exim Pte Ltd.

Saran Berita  Penunjukkan Ketua Baru Dinilai Cacat Administrasi Organisasi, Rusdi: Saya Masih Ketua Pameral yang Sah

“Pada silaturahmi bersama calon buyer, banyak masukan yang diberikan. Baik terkait biaya logistik, uji laboratorium, pemasangan barcode internasional, sertifikat BPOM, dan sertifikat halal MUI,” beber Ikhsan.

Pastinya, sambung Ikhsan, sampel produk yang diserahkan kepada calon buyer, sangat diminati. Namun tentunya harus memperhatikan rekomendasi yang disampaikan.

“Rekomendasi yang mereka berikan sangat diperlukan. Karena negara mereka sangat ketat terkait produk pangan,” kata Ikhsan.

Keberhasilan produk UMKM Karimun yang dibawa di Pameran Majestic Festival Johor Bahru, hendaknya memotivasi pelaku UMKM lainnya, khususnya di Kabupaten Karimun.

Terutama dalam meningkatkan dan perbaikan kualitas produk agar bisa diterima oleh pasar luar negeri.

“Ribuan terima kasih kami kepada pemerintah Kabupaten Karimun yang telah mendukung penuh UMKM Karimun untuk terus maju, dan go global,” tutup Ikhsan. (ifa)

SARAN BERITA
Google search engine