BerandaKEPRIKARIMUNSatu Kupon untuk Beli Satu Item Sembako, TPID Gelar Bazar Sembako Murah...

Satu Kupon untuk Beli Satu Item Sembako, TPID Gelar Bazar Sembako Murah di Coastal Area

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karimun menggelar bazar sembako murah, Minggu (11/9/2022) di areal parkir Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

Adapun kuota sembako yang dipersiapkan yaitu sebanyak 3 ton beras yang sudah dibungkus per 5 kg.
Total berjumlah 600 karung.

Gula pasir sebanyak 200 bungkus, minyak goreng sebanyak 1.000 bungkus, telur ayam sebanyak 450 papan.

Kemudian cabai rawit dengan kemasan 1 kg, 500 gram, dan 250 gram. Jumlahnya sekitar 500 paket, dan kebutihan pokok lainnya.

“Untuk ketertiban bersama, sistem pembelian sembako sudah diatur. Dimana satu orang hanya boleh membeli satu kupon per item sembako,” ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Sukrianto Jaya Putra disela simulasi, Sabtu (10/9/2022) sore.

Misalnya, jelas Sukri, untuk membeli beras 5 kg, satu orang hanya boleh membeli satu kupon. Pun untuk minyak goreng, satu orang hanya boleh membeli satu kupon

“Jadi, simulasi yang kita laksanakan ini untuk mengantisipasi risiko penumpukan calon pembeli. Karena sistem pembeliannya kami gunakan kupon, dan diatur lewat antrian,” beber Sukri.

Selain itu, kata Sukri, tim dari Satpol PP juga akan membantu mengamankan bazar. Sehingga tidak terjadi penumpukan masa.

Selain menjual 11 item sembako, bazar sembako murah juga akan menjual berbagai sayuran segar hasil petani Karimun. Termasuk produk-produk UMKM dari PKK Kabupaten Karimun.

Ada juga stand pengecekkan serta pengobatan untuk hewan peliharaan secara gratis.

“Yang pasti, kami menjual bahan-bahan pokok sembako dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Tadi juga kami sudah melaksanakan survei harga sembako ke pasar-pasar sebagai indikator untuk menentukan harga jual lebih murah ke masyarakat. Nanti juga akan kami tampilkan daftar harga sembakonya di panel yang kami pasang di sini,” ucap Sukri sambil menunjuk panel.

Bazar sembako murah hanya berlangsung sehari yakni pada Minggu 11 September 2022. Bazar dibuka pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

“Bazar sembako murah ini perdana kami laksanakan, sesuai dengan arahan bupati untuk membantu masyarakat yang terdapak dengan penyesuasian harga BBM, usai kita melaksanakan ini akan kita evaluasi kembali dan mudah-mudahan kedepan kita bisa rutin melaksanakan kegiatan ini,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine