BerandaKEPRIKARIMUNSatresnarkoba Polres Karimun Musnahkan 30,612 Kg Ganja Kering

Satresnarkoba Polres Karimun Musnahkan 30,612 Kg Ganja Kering

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Satuan Resnarkoba Polres Karimun musnahkan barang bukti ganja kering sebanyak 30,612 KG di lapangan kantor Polres Karimun, Jumat (9/9/2022).

Barang bukti tersebut diperoleh dari hasil penangkapan yang dilakukan oleh Satresnarkoba terhadap dua orang tersangka. Yaitu MT yang diamankan di Paya Sunan Kelurahan Sungai Raya Kecamatan Meral pada Jum’at 29 Juli 2022.

Kemudian tersangka NR yang diamankan di depan RSUD Indrasari Kecamatan Pematang Reba Kabupaten Indragiri Hulu Riau pada Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan pemusnahan barang bukti dipimpin langsung oleh Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano SIK.SH, Kasatresnarkoba Polres Karimun AKP Elwin Ristanto SIK, Kasubsipenmas Sihunas Iptu Jordan Manurung.

Ikut hadir hakim Pengadilan Negeri Karimun, Kasi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Karimun, Kasubag Umum BNN Karimun, staff rutan Karimun, penasehat hukum serta tokoh masyarakat.

Barang bukti kasus narkoba tersebut di musnahkan berdasarkan surat Kejaksaan Negeri nomor: SK-1563/L.10.12/Enz.1/08/2022 dan SK -1571/L.10.12/Enz.1/08/2022 tentang ketetapan status barang sitaan narkotika yang akan dimusnahkan.

“Proses penyidikan kasus narkoba dengan barang bukti ganja ini berdasarkan laporan polisi nomor LP-A/99/VII/2022/SPKT SATRESNARKOBA POLRES KARIMUN/POLDA KEPRI tanggal 27 Juli 2022,” ujar Kasatresnarkoba Polres Karimun Elwin Ristanto.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja kering tersebut sudah melalui pemeriksaan forensik Polda Riau. Dimana 9 bungkus dibalut menggunakan lakban berwarna coklat dengan berat bersih 612 gram, dan di sisihkan sebanyak 25 gram untuk dibawa ke laboratorium forensik Polda Riau.

Sisa dari pemeriksaan dijadikan barang bukti di persidangan dengan hasil positive narkotika mengandung ganja.

Kemudian, 30 bungkus ganja kering dibalut menggunakan lakban coklat dengan berat bersih 30.000 gram, dan disisihkan sebanyak 175 gram untuk di bawa ke laboratorium forensik Polda Riau.

Sisa dari pemeriksaan di jadikan barang bukti dipersidangan dengan hasil positive narkotika mengandung ganja.

“Tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (1) dan (2) dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara atau hukuman seumur hidup atau hukuman mati atau pidana denda minimal Rp1 miliar sampai Rp10 miliar,” sebut Elwin.

Sementara Kapolres Karimun AKBP.Tony Pantano.SIK.SH mengharapkan kerjasama dari seluruh element masyarakat untuk bersama-sama dengan pihak kepolisian dalam memberantas narkoba.

“Semoga kerjasama antar pihak kepolisian dengan seluruh element masyarakat tetap terjalin dengan baik dan dapat terus berkordinasi sehingga kita mampu membrantas narkoba di Kabupaten Karimun ini,” tutupnya. (rls/nku)

SARAN BERITA
Google search engine