BerandaKEPRIKARIMUNFenomena Waterspot Terjadi di Karimun, Nelayan Diminta Berhati-Hati Melaut

Fenomena Waterspot Terjadi di Karimun, Nelayan Diminta Berhati-Hati Melaut

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Fenomena waterspot terjadi di perairan Karimun pada Jum’at (9/9/2022).

Dari tangkapan kamera, fenomena waterspot terjadi kurang lebih selama 10 (sepuluh) menit di perairan yang cukup jauh dari lepas Pantai Coastal Area.

“Waterspot merupakan fenomena pusaran angin yang terjadi di daerah lautan. Apabila terjadi di daratan, biasanya kita melihat puting beliung, sedangkan di lautan akan menjadi waterspot,” ujar Forcaster Cuaca BMKG Karimun M.Tito Pradipta Putra.

Tito melanjutkan, kejadian tersebut disebabkan karena adanya pertemuan antara dua angin yang memiliki kecepatan tinggi. Namun dalam arah yg berlawanan di dalam awan cumulonimbus, sehingga terbentuklah bentuk pusaran angin.

“Dilihat dari history di Kabupaten Karimun memang pernah terjadi waterspot, dan tetap berpotensi terjadi lagi namun cangkupan wilayahnya kecil serta durasinya tidak lama,” tambahnya.

Menurutnya, fenomena waterspot kemungkinan bisa terjadi lagi namun tidak dalam waktu yang dekat.

“Karena ciri-ciri waterspout tersebut kemungkinan untuk terjadi kembali di tempat yang sama dalam waktu dekat itu sangat kecil,” ujarnya.

Untuk itu, BMKG Karimun menghimbau masyarakat khususnya nelayan untuk berhati-hati dengan kondisi cuaca di Kabupaten Karimun belakangan ini.

“Kepada masyarakat kab.karimun agar berhati-hati melakukan aktivitas di laut dan menjauhi daerah tempat terjadinya waterspot karena pada daerah tersebut terjadi angin yang cukup kencang,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine