BerandaKEPRIKARIMUNTerapkan Sikda Integrate, Karimun Raih BKN Award Implementasi Penerapan Manajemen Kerja

Terapkan Sikda Integrate, Karimun Raih BKN Award Implementasi Penerapan Manajemen Kerja

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Pemerintah Kabupaten Karimun meraih penghargaan BKN Award kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja.

Penyerahan BKN Award disampaikan Wakil BKN RI Supranawa Yusuf, SH, M.P.A kepada Bupati Karimun, Dr H Aunur Rafiq SSos MSi, Rabu (30/8/2022) di Gedung Sebaguna Kantor Bupati Poros.

Penyerahan BKN Award disejalankan dengan Rapat Evaluasi Manajemen Kinerja ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karimun.

“Tentunya kita patut bersyukur atas penghargaan ini. Ini membuktikan kalau Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (Sikda) Integrate yang telah kita terapkan secara online dinilai berhasil,” ungkap Bupati Aunur Rafiq.

Melalui sistem aplikasi Sikda Integrate, kata Bupati, pemerintah dapat meningkatkan kinerja ASN. Dimana
Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di lingkungan Pemkab Karimun sudah menggunakan sistem aplikasi di tahun 2019, dan disempurnakan tahun 2021 melalui Sikda Integrate.

“Melalui Sikda Integrate, seluruh Pimpinan Unit Kerja serta atasan dapat langsung memonitoring kinerja bawahannya. Sehingga apabila kinerja belum optimal, pimpinan dapat langsung melakukan pembinaan kinerja secara berkala agar kinerja ASN dapat terus diperbaiki setiap saat,” papar Aunur Rafiq.

Bupati juga memaparkan jumlah ASN di lingkungan Kabupaten Karimun saat ini berjumlah 4.333 orang. Rinciannya 3.707 orang PNS, 257 orang CPNS, dan 369 orang PPPK. Sementara tenaga non ASN berjumlah 4.642 orang.

“Untuk pengajuan PPPK yang kita usulkan di tahun 2022 sebanyak 3.341 formasi,” bebernya.

Rapat evaluasi terhadap kinerja ASN di Kabupaten Karimun tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS dengan mengatur perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pembinaan dan penilaian kinerja pegawai serta mengatur terkait tindak lanjut hasil penilaian kinerja pegawai.

Rangkaian dalam Pengelolaan Kinerja PNS tersebut di awali dengan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Tujuan penilaian kinerja adalah untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi dan sistem karier.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN sebagai pengganti Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS.

Peraturan tersebut menjadi pedoman bagi setiap instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah dalam rangka melaksanakan penilaian kinerja pegawai ASN. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine