BerandaKEPRIBATAMBahas Peningkatan SDM, Sirajudin Nur Temu Dialog Bersama Forum PLKP Kepri

Bahas Peningkatan SDM, Sirajudin Nur Temu Dialog Bersama Forum PLKP Kepri

Google search engine

BATAM, kabarkarimun.com – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, Sirajudin Nur menggelar Temu Dialog bersama DPD Forum Penyelenggara Lembaga Kursus dan Pelatihan Provinsi Kepri.

Kegiatan yang dihadiri seratusan peserta dari berbagai lembaga kursus, dan pelatihan di Kepri dilaksanakan di Aula Asrama Haji Batam, Senin (22/8/2022).

Turut hadir Dinas Pendidikan Kota Batam, Kadin Batam, Dewan Penddikan Kota Batam, dan BMPS Kota Batam.

Dalam sambutannya, Sirajudin Nur mengapresiasi keberadaan lembaga kursus, dan pelatihan yang telah ikut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan SDM yang unggul dan berkompetensi.

“Saya apresiasi eksistensi LKP yang ada di Kepri karena telah bersama sama lembaga pendidikan formal lainnya berkontribusi bagi peningkatan SDM di Kepri. Ke depan saya berharap pemerintah daerah Kabupaten/kota, dan provinsi untuk serius memberikan perhatian, dan dukungan bagi LKP dalam menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi,” ujar Sirajudin.

Dukungan yang dimaksud berupa dukungan sarana prasarana, bantuan biaya pelatihan kepada masyarakat yang kurang mampu, dan penggangguran.

“Banyak yang bisa dilakukan pemerintah dan DPRD dalam memberikan dukungan kepada LKP. Diantaranya bantuan sarana prasarana lembaga kursus, dan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat kurang mampu maupun pengangguran,” tuturnya.

Lembaga Kursus dan Pelatihan bisa menjawab tantangan yang dihadapi daerah terkait rendahnya SDM lokal dalam berwirausaha dan bekerja.

Sebagai pendidikan informal, LKP adalah suatu model pendidikan yang membantu masyarakat yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi untuk memiliki keterampilan dengan cara singkat dan terjangkau. Ini tidak terlepas dari metodologi pelatihan yang efektif dan tepat mutu.

Di hadapan pengurus dan anggota Forum Lembaga Kursus dan Pelatihan Kepri, Sirajudin Nur menyampaikan beberapa program pelatihan yang akan dilaksanakan di tahun 2023 yang bisa dikerjasamakan dengan LKP di Kepri.

“Tahun 2023 sdh saya usulkan anggaran untuk program pelatihan keterampilan kerja berbasis kompetensi. Pelatihan ini bisa dikerjasamakan dengan LKP yang ada. Karena itu saya minta agar LKP memenuhi syarat perizinan formil dulu
agar dapat menjadi mitra Disnaker Kepri,” tutupnya. (njo)

SARAN BERITA
Google search engine