BerandaKEPRIKARIMUNLantik 6 Kades di Kecamatan Belat, Bupati Karimun Minta SK Jangan Disimpan...

Lantik 6 Kades di Kecamatan Belat, Bupati Karimun Minta SK Jangan Disimpan Tapi Dibaca dan Dipahami

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik enam kepala desa di lingkup Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun, Kamis (11/8/2022).

Adapun enam kepala desa yang dilantik di Aula Kantor Camat Belat itu, masing-masing Latip (Kades Sebele), Asnan (Kades Lebuh), Abdul Rahman S.Pd. Jas (Kades Penarah), Marsudi S.Pd.SD (Kades Sei Asam), Nazaruddin (Kades Tebias), dan Abdul Ali (Kades Degong).

Dalam sambutannya Bupati Karimun meminta kepala desa yang baru dilantik agar dapat memahami tugas, kewajiban, hak dan wewenang.

Artinya, Surat Keputusan (SK) sebagai kepala desa jangan hanya disimpan tetapi dibaca isinya serta dipahami.

“SK sudah diterima, dan dibacakan tadi kan. Artinya apa yang tertera di SK itu, apa yang menjadi tugas, wewenang, hak dan kewajiban sebagi seorang kepala desa betul-betul harus dipahami satu per satu,” ingat Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga meminta kepala desa harus inovatif, dan kreativ untuk memenej pemerintahan desa dengan baik.

“Tegasnya, pembangunan desa harus sejalan dengan visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Karimun yakni ‘Terwujudnya Kabupaten Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang dilandasi iman dan takwa’. Keberhasilan misi dan visi ini tentunya bisa dilihat dari proses pembangunan dan penganggaran di OPD, kecamatan termasuk desa dan kelurahan,” ucap Aunur Rafiq.

Pesan penting yang disampaikan Bupati Karimun kepada para kepala desa yang baru dilantik yakni secepatnya melakukan konsolidasi untuk membangun desa bersama seluruh elemen di masyarakat.

“Dapat saya sampaikan kepada para kades terpilih, masyarakat yang terbelah pada saat pilkades kemaren agar segera disatukan kembali. Tidak boleh ada perpecahan karena harus segera membangun desa bersama-sama. Perlakukan masyarakat dengan baik. Jangan karena pada pemilihan tidak dipilih, lantas tidak dilayani. Jangan hanya karena persoalan politik, jadi membuat kita tercerai berai,” kata Bupati Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Disisi lain, Aunur Rafiq mengingatkan kepada para kepala desa terpilih agar berhati-hati dalam mengelola dana desa, sehingga tidak terjerat dengan hukum.

“Saya berharap tidak adalagi Kades dan perangkat kades yang terjerat dan tersandung kasus hukum. Di Kabupaten Karimun ini pengelolaan keuangan desa itu sudah tersistem, jadi kalau para kepala desa patuh, Insha Allah mereka selamat,” jelasnya

Pada kesempatan itu, Bupati Karimun juga menyampaikan kabar gembira untuk masyarakat Kecamatan Belat. Dimana pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 mendatang telah mengalokasi anggaran pembangunan untuk infrastruktur jalan di Pulau Belat

“Jalan di Pulau Belat bakal diaspal pada tahun 2023 mendatang. Total anggaran yang segera digelontorkan pusat hampir Rp20 miliar, ” beber orang nomor satu di Kabupaten Karimun ini.

Menurut Bupati, pembangunan jalan di Pulau Belat memang sangat membutuhkan anggaran yang besar. Sehingga adanya rencana pemerintah pusat dalam membantu pengaspalan jalan ini sangat diapresiasi oleh Pemkab Karimun dan masyarakat.

Tampak hadir diacara pelantikan diantaranya anggota DPRD Karimun yakni Hadi Siswanto, Fakhrurazzi, Anwar Hasan, Raja Rafiza, Samsul, Ery Suandi anggota DPRD Provinsi Kepri.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun HM Firmansyah serta staf ahli bupati dan asisten turut hadir dalam kegiatan ini. (adv)

SARAN BERITA
Google search engine