BerandaKEPRIKARIMUNPengurusan Sertifikat Kelaikan Kapal Perikanan Sekarang Hanya 1 Hari Selesai

Pengurusan Sertifikat Kelaikan Kapal Perikanan Sekarang Hanya 1 Hari Selesai

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau Anwar SSt.Pi, MH menyerahkan secara simbolis sertifikat kelaikan kapal perikanan yang diterbitkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kepri cabang Karimun pada Rabu (10/08/2022).

Sebelumnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri cabang Karimun sempat melaksanakan sosialisasi, dan membuka gerai layanan penerbitan sertifikasi kelaikan kapal perikanan di kantor tersebut.

“Permohonan yang masuk saat ini sudah sekitar 200-an. Kita perkirakan akan bertambah ke depannya,” ujar Anwar.

Dikatakan Anwar, saat ini tim dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sedang bekerja. Artinya, pekerjaan dikebut sampai sertifikat semuanya bisa diterbitkan.

Gerai penerbitan sertifikat kelaikan kapal akan dibuka sampai semua SKKP yang sudah habis masa berlakunya atau yang akan habis 3 bulan ke depan selesai diterbitkan seluruhnya.

“Proses pengajuan diawali dengan pengajuan permohonan oleh pemilik kapal perikanan yang sudah lengkap. Kemudian diserahkan kepada petugas penginputan untuk diinput datanya ke dalam sistem. Selanjutnya berkasnya akan ditanda tangan oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman secara elektronik, dan akan langsung terbit sertifikatnya,”2 tambahnya.

Anwar melanjutkan, untuk proses penerbitan SKKP hanya memakan waktu 15-20 menit jika sinyal lancar, dan tidak ada gangguan selama penginputan juga tanpa pungutan biaya atau gratis.

“Tidak sampai sehari SKKPnya sudah selesai. Artinya, sudah bisa langsung diambil oleh pengurus dan tidak dipungut biaya atau gratis,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine