BerandaKEPRIKARIMUNMengedit Photo Orang Lain untuk Dijadikan Stiker WA Bisa Dijerat UU ITE

Mengedit Photo Orang Lain untuk Dijadikan Stiker WA Bisa Dijerat UU ITE

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Fenomena stiker pesan teks media sosial Whats App (WA) saat ini sedang menjadi trend dan banyak digunakan oleh pengguna aplikasi tersebut.

Tidak jarang photo wajah pengguna maupun photo orang lain juga ikut dijadikan stiker dengan tujuan candaan dan lucu-lucuan.

Namun tujuan untuk menghibur tersebut kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang yang photo wajahnya dijadikan stiker tanpa se-izin mereka.

“Secara aturan hukum dalam pasal 27 UU ITE ayat 3 itu sudah dijelaskan bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik itu bisa dikenakan hukuman,” ujar Advokad muda Karimun, Trio Wiramon SH MSi menanggapi maraknya meme di sosial media kepada kabarkarimun.com, Sabtu (6/8/2022).

Trio Wiramon juga menjelaskan bahwa jika hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang yang wajahnya dijadikan stiker, maka si pengedit tersebut bisa dikenakan UU ITE pasal 27 ayat 3 tersebut.

“Mengedit sebenarnya tidak masalah, namun jika hasil editan di transformasikan ke orang lain dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang yang wajahnya di edit tersebut, nah itu yang jadi masalahnya” tegasnya.

Namun, Amon (panggilan Akrab Trio Wiramon) mengingatkan agar jalur hukum jangan dijadikan upaya awal untuk kasus tersebut.

“Dalam menyelesaikan kasus seperti di atas, upaya perdamaian harus di utamakan terlebih dahulu, karena hukum diciptakan untuk manusia, bukan untuk menghukum manusia sesuai dengan ultimate remedium,” jelasnya.

Upaya perdamaian dapat di lakukan dengan perundingan menyelesaikan perkara secara kekeluargaan sebelum ke jalur hukum

“Jangan langsung ke persidangan, upayakan perundingan terlebih dahulu, berikan peringatan awal kepada pelaku, jika masih bandel, baru ke jalur hukum,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pelanggaran terhadap UU ITE pasal 27 ayat 3 tersebut bisa diancam dengan hukuman penjara paling lama 4 tahun dan denda maksimal Rp750.000.000. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine