BerandaKEPRIKARIMUN530 Perahu Jong Se Kabupaten Karimun Bersaing Raih Piala Sirajudin Nur di...

530 Perahu Jong Se Kabupaten Karimun Bersaing Raih Piala Sirajudin Nur di Kecamatan Moro

Google search engine

MORO, kabarkarimun.com – Sebanyak 530 perahu jong se Kabupaten Karimun bersaing merebut Piala Sirajudin Nur yang dipusatkan di Desa Pauh Kecamatan Moro.

Lomba jong yang digagas anggota DPRD Provinsi Kepri ini, mendapat antusias dari peserta maupun masyarakat.

Sejak Sabtu (30/7) pagi, ratusan perahu Jong yang terdiri dari Jong Besar, Sedang dan Kecil, terlihat berjejer di pinggir pantai Desa Pauh untuk meramaikan Lomba Jong Piala Sirajudin Nur tersebut.

Pembukaan lomba dihadiri langsung oleh Sirajudin Nur. Perlombaan Perahu Jong dari pagi hingga sore itu, berlangsung selama empat hari, dan berakhir Selasa (2/8/2022).

Tampak hadir ditengah perlomaan, Lurah Moro, Lurah Moro Timur, Kepala Kepala Desa, Perwakilan Kapolsek Moro, Ketua BPD, Babinsa, dan Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Sirajudin Nur mengungkapkan kekagumannya atas antusias warga Kabupaten Karimun dalam mengikuti Lomba Jong di Desa Pauh Moro tahun ini. Ditambah antusias warga dalam menonton perlombaan jong.

“Terus terang saya kagum dengan antusias warga Karimun mengikuti Lomba Jong ini. Kagum dengan antusias warganya yang senang menyaksikan perlombaan Jong. Saya berharap agar warga Karimun senantiasa cinta dengan kebudayaannya sendiri, dan terus aktif melestarikan budaya budaya Melayu seperti ini,” ujar Sirajudin Nur.

Sirajudin berjanji tahun depan akan menggelar even serupa di Desa Pauh Moro untuk tingkat Provinsi Kepuluauan Riau. Karena banyaknya warga dari luar daerah Kabupaten Karimun yang ingin turut serta mengikuti Lomba Jong ini.

“InshaAllah tahun depan kita akan gelar Lomba Jong dengan peserta lebih banyak dan untuk peserta dari seluruh wilayah Kepulauan Riau. Karena saya dapat laporan dari Ketua Panitia bahwa banyak saudara kita dari Kabupaten / Kota lainnya ingin sekali ikut serta di Lomba Jong tahun ini,” beber Sirajudin.

Lurah Moro, Marullah yang menjadi tuan rumah sekaligus menjadi Ketua Panitia, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sirajudin Nur yang telah sudi melaksanakan Lomba Jong tahun ini di Kelurahan Moro.

“Ucapan terimakasih kami kepada Pak Sirajudin, telah memilih Kecamatan Moro khususnya Kelurahan Moro menjadi tuan rumah Lomba Jong se Kabupaten Karimun. Beliau ini sahabat sekolah saya dulu, dan saya tahu bahwa beliau sangat aktif melestarikan budaya Melayu. Kami berharap tahun depan bisa digelar kembali untuk tingkat Provinsi Kepulauan Riau,” ucap Marullah.

Lomba Jong Piala Sirajudin Nur tingkat Kabupaten Karimun tahun ini memperebutkan piala, dan hadiah uang tunai untuk 3 (tiga) kategori yakni : Jong Besar, Sedang dan Kecil. (njo)

SARAN BERITA
Google search engine