BerandaKEPRIBATAMAnggota Komisi IV DPRD Kepri, Desak Gubernur Ansar Segera Lantik Dewan Kesenian...

Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Desak Gubernur Ansar Segera Lantik Dewan Kesenian Periode 2019-2024.

Google search engine

BATAM, kabarkarimun.com – Pengurus Dewan Kesenian Kepri masa bakti 2019-2024, sudah terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) di Bintan Plaza, Tanjungpinang dua tahun silam.

Namun nyatanya, sampai sekarang Dewan Kesenian Kepri terpilih tersebut belum juga dilantik. Hal ini mengusik anggotaw DPRD Kepri Sirajudin Nur.

Anggota Komisi IV DPRD ini menuturkan, seyogyanya Dewan Kesenian Kepri menjadi mitra strategis pemerintah dalam pelestarian budaya. Jadi sudah seharusnya mendapat perhatian Pemprov Kepri.

Lebih jauh, Dewan Kesenian juga dapat berperan menjadi jembatan aspirasi bagi pegiat seni budaya dalam pengembangan kebudayaan daerah.

“Dewan Kesenian memiliki arti penting dan strategis sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam upaya menjaga, melestarikan, sekaligus mewariskan seni budaya kepada generasi penerus,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Politisi PKB itu menuturkan, pendapat Dewan Kesenian sangat dibutuhkan saat memformulasikan kebijakan terkait pengembangan kebudayaan dan kesenian daerah.

Dengan keterlibatan Dewan Kesenian, Sirajudin optimis kebijakan pengembangan kebudayaan dan kesenian daerah akan tepat sasaran.

“Selain juga diperlukan pendapatnya dalam perumusan kebijakan kebudayaan dan kesenian daerah,” tuturnya.

Sebelumnya seniman pantun yang juga Humas Dewan Kesenian Kepri periode 2021-2024, Zainal Takdir mempertanyakan alasan Ansar yang tak kunjung melantik pengurus Dewan Kesenian Kepri.

Padahal kata Zainal, Dewan Kesenian berperan penting sebagai motor penggerak kesenian dan kebudayaan daerah.

Ia pun berharap agar Ansar segera melantik Dewan Kesenian Kepri, apalagi Ansar memiliki visi ‘Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya saing, dan berbudaya’.

“Semoga Pemprov Kepri bisa sadar kalau kawan-kawan pekerja seni juga perlu mendapat perhatian,” tambahnya. (njo)

SARAN BERITA
Google search engine