BerandaKEPRIKARIMUNDua siswa SMAN 4 Karimun Wakili Kepri PIRN XX tahun 2022 di...

Dua siswa SMAN 4 Karimun Wakili Kepri PIRN XX tahun 2022 di Lombok

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Dua siswa SMA Negeri 4 Karimun mewakili Provinsi Kepulauan Riau di Pekan Pemuda dan Riset Inovasi Nasional (PIRN) ke XX di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Yaman Darfi Rais bersama Fadhillah Azkiya terpilih setelah menjalani seleksi ketat. Hasilnya, kedua siswa SMAN 4 Karimun terpilih mengikuti ajang yang dihelat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selama sepekan, (10-17/7/2022).

Plt Kepala Sekolah SMAN 4 Karimun Riana Safitri mengaku bangga kedua siswanya terpilih mewakili Kepri untuk PIRN XX di Lombok. PIRN bertujuan memberikan pemahaman dasar mengenai metodologi penelitian ilmiah, dan etika dalam meriset tersebut.

“Sekolah sangat bangga dengan keikutsertaan dua siswa SMA Negeri 4 Karimun untuk mewakili Provinsi Kepri dalam Pekan PIRN 2022. Hal ini menandakan bahwa intelektual siswa Karimun mampu bersaing di ajang nasional,” kata Riana Safitri, Senin (18/7/2022).

Riana berharap kedua siswa tersebut dapat berbagi pengetahuan dan memotivasi siswa lainnya setelah mengikuti Pekan PIRN.

“Semoga mereka dapat memotivasi dan berbagi pengetahuan kepada teman lainnya tentang apa yang mereka dapatkan di Pekan PIRN 2022. Sehingga siswa lainnya bisa lebih berprestasi kedepannya,” jelasnya.

Sementara Guru Pembimbing SMA Negeri 4 Karimun Zulkarnaen SSi menjelaskan selama mengikuti PIRN, peserta dibekali materi penelitian lapangan yang disampaikan oleh para ahli dari BRIN. Seperti metodelogi penulisan karya ilmiah sampai kepada produk sains dan teknologi.

Kemudian peserta juga mengikuti sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan limbah plastik, pemanfaatan air bersih, interaksi sosial budaya serta ekonomi di pusat pariwisata yang digelar di pesisir pantai Gili Meno, dan Gili Terawangan, Lombok.

Para peserta, kata dia, juga mendapat sosialisasi tentang beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

“Ratusan peserta bahkan diberikan kesempatan untuk magang di BRIN untuk post doktoral,” katanya.

Zulkarnaen menyebut para peserta banyak mendapatkan pengalaman baru dan berkesan selama mengikuti Pekan PIRN 2022.

Menurutnya, pekan nasional tersebut sangat sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi masa kini dan masa mendatang.

“Terutama kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa, agar bisa mandiri menghadapi tantangan dunia literasi sains digital yang telah merambah hampir ke semua sendi kehidupan serta mampu menciptakan solusi pada setiap fenomena yang terjadi,” ucapnya.

Pekan Pemuda dan Riset Inovasi Nasional (PRIN) diikuti sebanyak 210 siswa, dan 103 guru yang berasal dari SMP/MTs dan SMA/MA se Indonesia.

Pembukaan dilakukan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah membuka kegiatan yang dipusatkan di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB pada 11 Juli 2022.(nku)

SARAN BERITA
Google search engine