BerandaKEPRIKARIMUNTerjadi Malam Hari, BMKG Peringatkan Masyarakat Pesisir Waspada Banjir Rob

Terjadi Malam Hari, BMKG Peringatkan Masyarakat Pesisir Waspada Banjir Rob

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdulah Karimun, Ilham Syarief Putra menyampaikan informasi peringatan kepada masyarakat pesisir untuk waspada terhadap pasang yang berpotensi terjadinya banjir rob.

Mengingat, untuk wilayah Kabupaten Karimun umumnya pasang maksimum terjadi pada dini hari sampai pagi hari. Daerah terdampak yakni Kecamatan Meral, Dan Pamak Laut Kecamatan Tebing.

“Karena pasang maksimun itu terjadinya dini hari saat masyarakat sedang beristirahat tidur, jadi kami menghimbau agar masyarakat pesisir tetap waspada dan berhati-hati,” ujar Ilham Syarief Putra, Sabtu (16/7/2022).

Ilham memperkirakan padang maksimum terjadi pada tanggal 16 sampai 19 Juli 2022. Tinggi pasang air laut mencapai 3,5 sampai 3,9 meter, sehongga berpotensi terjadi banjir rob.

“Makanya khusus warga pesisir di Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak Laut Kecamatan Tebing dan sekitarnya, kami minta untuk tetap waspada dan berhati hati,” ingat Ilham Syarief Putra.

Ilham Syarief Putra menjelaskan, ketinggian maksimum air laut terjadi karena fase bulan purnama yang bersamaan dengan peridge. Yaitu jarak terdekat bulan ke bumi. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine