BerandaKEPRIKARIMUNULPLTU Karimun Serahkan Bantuan Modal dan Alat Tangkap untuk 7 KUB Tebing

ULPLTU Karimun Serahkan Bantuan Modal dan Alat Tangkap untuk 7 KUB Tebing

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – ULPLTU Karimun telah menyerahkan bantuan alat tangkap untuk 7 Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan Kecamatan Tebing, Sabtu (25/06/2022) pekan lalu.

Penyerahan alat tangkap dilakukan Manager ULPLTU Tanjung Balai Karimun, Syaifil Edli.

Adapun tujuh KUB Kecamatan Tebing yang mendapatkan bantuan alat tangkap tersebut diantaranya KUB Sinar Jaya, KUB Nelayan Terpadu Kampung Baru, KUB Nelayan Terpadu Ranggam, KUB Nelayan Karang Laut, KUB Bukit Sekajang Ranggam, dan KUB Tuah Nelayan Tebing.

Masing-masing KUB menerima jaring appolo nylon lengkap, jaring ikan mas 0,35 1/2, dan 0,40 3, timah biji, dan tali. Ditambah patau sosis, jaring 210/9, tali PPD 5mm GL dan SHL, serta bola 412.

“Bantuan yang kami berikan berupa fasilitas agar pengelolaan usaha perikanan lebih maksimal. Sehingga taraf hidup, dan perekonomian nelayan khusunya di ring 1 ULPLTU Tanjungbalai Karimun turut meningkat,” ujar Syaifil Edli.

Syaifil Edli menerangkan, bantuan bersumber dari CSR PT PLN (petsero) ini juga merupakan komitmen ULPLTU Karimun dalam membantu, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar.

“Pastinya sebelum melaksanakan kegiatan CSR bantuan modal untuk nelayan, kami sudah berkordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun untuk melakukan peninjauan langsung ke KUB. Artinya nelayan di Kecamatan Tebing memang membutuhkan bantuan modal berupa alat tangkap ikan, dan udang,” tambahnya.

ULPLTU Karimun berharap dengan diserahkannya bantuan untuk 7 KUB nelayan tersebut bisa memberikan dampak positif tidak hanya bagi kalangan nelayan, tapi juga bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Tebing.

Disela penyerahan bantuan, Dinas Perikanan juga menggelar sosialisasi pemberdayaan nelayan mengenai teknis penumbuhan dan pengembangan kelompok usaha bersama. Selaku narasumber yakni Zainuddin, S.Pi selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dari Dinas Perikan Kabupaten Karimun.

Tujuan sosialisasi untuk menambah wawasan sekaligus menampung aspirasi nalayan khususnya yang berada di Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing.

“Kegiatan yang dilakukan oleh ULPLTU Tanjung Balai Karimun sangat tepat sasaran dimana pemberian bantuan tersebut berupa alat tangkap yang memang sangat dibutuhkan oleh para nelayan,” ujar Zainuddin.

Sementara Ucok Siswanto, salah seorang Ketua KUB nelayan menyampaikan rasa terima kasih kepada ULPLTU Tanjung Balai Karimun.

“Saya mewakili nelayan dari KUB-KUB mengucapkan terima kasih kepada ULPLTU Tanjungbalai Karimun karena telah peduli dan membantu menambah modal usaha kami,” sebut Ucok.

Senada juga disampaikan Muchtisar selaku Sekretaris Kecamatan Tebing, dan Mardiana selaku Lurah Tebing.

“Terus terang, masyarakat sekitar khususnya nelayan dapat merasakan manfaat adanya bantuan CSR ULPLTU.
Sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan,” beber Muchtizar. (ifa)

SARAN BERITA
Google search engine