BerandaKEPRIKARIMUNTNI AL Karimun-Dinas Pariwisata Goro Bersih Pantai Pongkar dari Limbah Tisu

TNI AL Karimun-Dinas Pariwisata Goro Bersih Pantai Pongkar dari Limbah Tisu

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Pantai Pongkar, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, yang tercemar limbah tisu dari kontainer kargo yang tenggelam beberapa waktu lalu, mulai dibersihkan.

Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun bersama Dinas Pariwisata, bergotong royong membersihkan limbah tersebut, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, juga diikuti puluhan peserta. Diantaranya, Polres Karimun, BC, KSOP, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Kecamatan Meral Barat, nelayan, dan masyarakat Desa Pongkar.

Palaksa Lanal Tanjungbalai Karimun, Mayor Laut P. Panjaitan yang menyampaikan Kegiatan Bersih Pantai adalah realisasi dari perintah pimpinan TNI Angkatan Laut. Selain itu, juga merupakan program kerja potensi Maritim Angkatan Laut dalam menjaga, dan melestarikan potensi potensi kemaritiman yang ada di wilayah Tanjungbalai Karimun.

Terkait limbah tisu akibat laka laut kapal yang karam beberapa waktu yang lalu, merupakan limbah yang masuk dalam kategori limbah organik.

Artinya, tidak berbahaya, dan mudah hancur. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

“Kegiatan ini bukan hanya fokus di limbah tisu saja, namun kepedulian kita terhadap potensi-potensi objek wisata yang ada di Kabupaten Karimun untuk dijaga dan dilestarikan,” ujar Palaksa.

Sebelumnya Bupati Karimun Aunur Rafiq, telah mengarahkan kepada OPD terkait untuk segera berkoordinasi dengan pihak aparat pengamanan. Termasuk agen pelayaran untuk segera melakukan pembersihan limbah yang mengganggu aktivitas wisata, dan para nelayan di sekitar Pantai Pongkar.

Kegiatan Bersih Pantai ini adalah bentuk kerjasama yang dilakukan untuk membersihkan Pantai Pongkar dari limbah kertas, dan tisu akibat pencemaran laut dari kapal yang karam beberapa waktu yang lalu.

Limbah kertas dan tisu tersebut tidak hanya mencemari laut , namun juga pesisir pantai.

“Bagaimanapun, Pantai Pongkar ini adalah tempat wisata masyarakat Karimun, sudah seharusnya kita jaga kebersihan dan keasriannya,” timpal Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Benny Yudhistira.

Untuk diketahui bahwa Pantai Pongkar termasuk destinasi wisata favorit masyarakat Kabupaten Karimun. Hampir setiap hari libur jumlah kunjungannya selalu ramai dipadati pengunjung.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita sama-sama turun membersihkan Pantai Pongkar, sebagai bentuk kepedulian dan quick respon kita bersama,” tambah Benny. (ifa)

SARAN BERITA
Google search engine