BerandaKEPRIKARIMUN4 Mesin PLTD Bantuan Pusat Beroperasi, Krisis Listrik di Karimun Berakhir

4 Mesin PLTD Bantuan Pusat Beroperasi, Krisis Listrik di Karimun Berakhir

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com Krisis listrik yang sempat melanda Kabupaten Karimun sejak April 2022 lalu, berakhir. Menyusul empat unit mesin pembangkit listrik tenaga diesel PLTD bantuan dari pusat sudah beroperasi, Sabtu (11/6/2022).

“Alhamdulillah, empat mesin bantuan sudah beroperasi 4 hari lalu. Walaupun tetap ada jadwal pemadaman, namun tidak direalisasikan kecuali ada gangguan mesin PLTD,” ujar Manager ULP PLN Kab.Karimun Hendrico, Selasa (14/6/2022).

Dijelaskan Hendrico, kondisi sistem kelistrikan saat ini masih di status siaga. Hal ini disebabkan beban pemakaian kebutuhan listrik pelanggan yang spare dayanya masih tipis.

“Dari PLTU kemampuannya biasanya 10 sampai 11 MW, sekarang hanya bisa 7,5 sampai 8,5 MW. Sedangkan PLTD, kami sedang melakukan recovery untuk meningkatkan daya listrik yang dihasilkan secara bertahap,” tambahnya.

Hendrico mengaku, di tengah kondisi suplai listrik yang pas-pasan tersebut, PLN ULP Karimun tetap memprioritaskan pemadaman ke hotel-hotel terlebih dahulu.

“Seperti kejadian malam tadi, dimana kondisi puncak pada pukul 17.00 sampai 22.00 itu kami padamkan yang hotel terlebih dahulu. Jika beban pemakaian di luar kemampuan mesin, jika itupun tidak cukup, maka kami terpaksa memadamkan di rumah pelanggan,” ungkapnya.

Kondisi kemampuan listrik yang mampu disuplai oleh ULP PLN Karimun saat ini berkisar dari 27 – 28,5MW.

“Kita juga sedang melakukan mayor overhaul untuk satu unit mesin PLTD yang kemampuannya menurun. Setelah selesai kita lanjutkan lagi mesin yang lainnya, sampai semua mesin selesai di recovery, dan daya penyaluran listrik bisa bertambah,” tegasnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine