BerandaKEPRIKARIMUNKSOP: Pengurusan Pass Kecil untuk Nelayan Mudah dan Gratis, Ini Syaratnya

KSOP: Pengurusan Pass Kecil untuk Nelayan Mudah dan Gratis, Ini Syaratnya

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.comKantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) menegaskan, kepengurusan pass kecil itu sangat mudah, dan gratis bagi nelayan yang memiliki kapal di bawah 7 GT.

Banyak kemudahan, bahkan manfaat kepengurusan pass kecil bagi nelayan yang memiliki kapal di bawah 10 GT.

“Sebenarnya mengurus pass kecil itu sangat mudah, dan gratis bagi nelayan yang memiliki kapal di bawah 7 GT.
Kami sudah melakukan sosialisasi ke nelayan untuk menjelaskan manfaat pass kecil,” ujar Kepala Subbagian Umum dan Humas KSOP Karimun Edy Purnomo SSos yang ditemui Jum’at (10/06/2022).

Dikatakan Edy, persyaratan kepengurusan pass kecil sangat mudah. Nelayan cukup membawa surat permohonan, bukti identitas (KTP/akte lahir), surat keterangan tukang/surat keterangan kepemilikan kapal yang diketahui oleh lurah setempat (kapal dibawah 7GT), dan photo kapal.

Pun untuk prosedur kepengurusan, cukup mudah. Pertama pemeriksaan berkas. Kedua pemeriksaan nautis teknis radio, dan pengukuran kapal. Dilanjutkan laporan hasilnya, dan terus penerbitan pass kecil.

“Jika sudah melalui tahap tersebut, pass kecil langsung diserahkan ke nelayan,” tuturnya.

Edy menyampaikan, KSOP Karimun juga pernah membuat program kampanye keselamatan, dan gerai terpadu bangkitnya ekonomi nelayan di era new normal.

Dimana dalam program tersebut ada penyerahan pass kecil gratis, bantuan KUR dari bank, bantuan alat keselamatan berlayar, hingga asuransi bagi nelayan.

Mengantongi pass kecil memiliki berbagai manfaat. Yakni sebagai kekuatan hukum bagi nelayan untuk kepemilikan kapal. Serta sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan, dan program peningkatan skill bagi nelayan.

“Dengan adanya pass kecil, nelayan juga sudah terdata secara sah di pemerintah. Sehingga bantuan, dan program-program bagi nelayan bisa tepat sasaran,” tegas Edy.

Oleh karenanya, Edy Purnomo mengimbau kepada nelayan untuk tidak ragu mengurus pass kecil di kantor KSOP.

“Jangan ragu, dan khawatir mengurus pass kecil di KSOP. Prosesnya mudah, dan gratis,” tutur Edy seraya berharap ketua kelompok nelayan dapat membantu anggotanya mengurus pass kecil secara kolektif. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine