BerandaKEPRIKARIMUNPastikan Terhindar PMK, Polsek Bersama UPT Puskeswan Monitoring Ternak Sapi di Kundur

Pastikan Terhindar PMK, Polsek Bersama UPT Puskeswan Monitoring Ternak Sapi di Kundur

Google search engine

KUNDUR, kabarkarimun.com – Jajaran Polsek Kundur bersama UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kundur monitoring peternak sapi. Langkah ini sebagai upaya pencegahan dan mengantisipasi penularan PMK pada hewan sapi di wilayah Kundur. Hasilnya tidak ditemukan ternak sapi yang terpapar PMK.

Kapolsek Kundur Kompol Muhammad Qomarudin menegaskan pihaknya bersama Kepala UPT Puskeswan Kundur Yuriadi monitoring ke sejumlah peternakan sapi di Kecamatan Kundur.

Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan sapi sehat, dan tidak tertular PMK. Terutama menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Bersyukur tidak ditemukan gejala hewan sapi yang terindikasi tertular penyakit mulut dan kuku,” Muhammad Qomarudin, Kamis (2/6/2022).

Sementara Kepala UPT Puskeswan Kundur Yuriadi mengaku jika pihaknya sebelumnya juga telah monitoring di lima kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Ungar tidak ditemukan hewan sapi terpapar PMK.

Dikatakan populasi hewan sapi wilayah pulau Kundur terdiri lima kecamatan diperkirakan ada 1.250 ekor.

“Sementara hewan sapi yang layak untuk kurban hanya ada sekitar 50 sampai 60 ekor. Sementara kebutuhan untuk hewan kurban sapi dibutuhkan 160 ekor sehingga saat ini masih kekurangan 100 ekor sapi sehat,” sebutnya. (mas)

SARAN BERITA
Google search engine