BerandaKEPRIKARIMUNTongkang Marcopolo 188 yang Kandas di Selat Melaka Berhasil Dievakuasi

Tongkang Marcopolo 188 yang Kandas di Selat Melaka Berhasil Dievakuasi

Tongkang Marcopolo 188

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Tongkang Marcopolo 188 yang nyaris tenggelam saat membawa ratusan kontainer berhasil dievakuasi ke luar perairan Selat Malaka, Senin (30/5/2022).

Proses evakuasi tongkang yang mengalami kemiringan 60 derajat itu, dilakukan dengan cara menarik menggunakan kapal TB. Mega Daya ke perairan Karimun Anak.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan bahwa, evakuasi tongkang agar kontainer-kontainer yang masih ada di atas tongkang tidak jatuh ke laut.

“Proses evakuasi dilakukan sebagai upaya agar kontainer tidak tercebur ke laut dan hanyut. Karena dapat membahayakan pelayaran,” jelas Danlanal.

Setelah ditarik keluar jalur, lanjut Danlanal, tongkang tersebut akan dinaikan kembali pada posisi semula menggunakan alat berat khusus.

Danlanal TBK mengimbau kepada pengguna jasa laut agar terus waspada dan berhati-hati saat melintas.

“Kita imbau agar terus untuk berhati-hati, karena kita belum dapat pastikan bahwa kontainer yang sempat hanyut sudah ditemukan semua atau belum,” imbuhnya.

Pengamanan dan pengawasan tersebut dilakukan oleh unsur maritim yang ada di Kabupaten Karimun. Diantaranya Lanal TBK, Polairud Polres Karimun, Bakamla, KSOP, dan juga Basarnas. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine