BerandaKEPRIKARIMUNManajer PLN Karimun: Pemadaman Bergilir Tetap Terjadi Sampai Mesin PLTU Normal

Manajer PLN Karimun: Pemadaman Bergilir Tetap Terjadi Sampai Mesin PLTU Normal

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – UPL PLN Karimun tetap menjadwalkan pemadaman bergilir meskipun mesin PLTU unit 2 sudah beroperasi.

Pasalnya, mesin unit 2 PLTU masih belum menghasilkan daya maksimal yaitu sebesar 7 MW. Sehingga kondisi Karimun tetap mengalami devisit daya di waktu-waktu tertentu.

“Jadwal pemadaman tetap kami buat sebagai antisipasi, jika terjadi daya pemakaian listrik melebihi kapasitas daya mesin saat ini. Maka tetap kami lakukan pemadaman sesuai jadwal,” ujar Manajer ULP PLN Karimun, Hendrico, Kamis (26/5/2022).

Saat ini, daya yang dihasilkan oleh mesin PLTD, dan PLTU masih belum bisa dikatakan cukup untuk kebutuhan listrik masyarakat Karimun. Karena beberapa unit mesin tetap harus dilakukan perawatan, dan pengetesan.

“Mesin PLTD hidup semua, tidak ada yang standby. Terkadang kami juga harus menghentikan mesin sementara untuk perawatan, sementara mesin PLTU masih dalam uji coba dari kapasitas daya yang dihasilkan 7MW namun baru bisa menghasilkan daya 4,5MW,” terangnya.

Hendrico melanjutkan, bahwa pada saat siang hari, jika kapasitas daya mencukupi dan mesin tidak dalam perawatan maka tidak akan dilakukan pemadaman.

“Siang hari, Jika kondisi cuaca mendung, konsumsi listrik mencukupi, maka tidak akan kami lakukan pemadaman, dan kalaupun harus padam. Paling hanya beberapa titik saja, namun jika kondisi cuacanya panas, nah ini yang menyebabkan penggunaan listrik tinggi sehingga harus dilakukan pemadaman,” bebernya.

Di sisi lain, empat unit mesin yang baru tiba di Karimun sedang dalam proses pemasangan oleh pihak PLN.

“Empat unit mesin tersebut sedang dalam proses pemasangan dan proses penyetingan oleh pihak teknisi. Mudah-mudahan tidak ada kendala, bisa beroperasi secepatnya,” ucap Hendrico penuh harap. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine