BerandaKEPRIKARIMUNSE Satgas Covid Terbaru, PPLN Bebas Masuk Tanpa PCR

SE Satgas Covid Terbaru, PPLN Bebas Masuk Tanpa PCR

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kabar gembira bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) baik WNA maupun WNI.

Kini mereka masuk ke Indonesia, termasuk ke Karimun tidak perlu lagi melampirkan hasil negative PCR. Hal ini sesuai Surat Edaran Satgas Covid Pusat no.19 tahun 2022 tertanggal 18 Mei 2022.

Surat edaran terbaru satgas tersebut sebagai pengganti surat edaran sebelumnya no.17 tahun 2022 tertanggal 5 april 2022.

Adapun poin-poin penting isi surat tersebut menyatakan bahwa PPLN WNI dan WNA tidak perlu melampirkan hasil test PCR sebagai syarat masuk ke entry point pelabuhan internasional di Indonesia.

“Surat edaran dari satgas covid tersebut menjelaskan bahwa hasil test negative PCR tidak lagi menjadi syarat masuk entry point pelabuhan bagi PPLN,” ungkap Kepala KKP Kelas II Karimun, Novri Hendri, Rabu (18/5/2022).

Novri melanjutkan, untuk pelaku perjalanan luar negeri hanya diminta untuk melengkapi vaksin primer (1 dan 2), menjaga suhu tubuh, mematuhi protokol kesehatan, dan mengisi aplikasi pedulilindungi.

“Untuk pelaku PPLN WNA dan WNI di tekankan untuk lengkapi vaksin primer 1 dan 2 juga boster untuk masuk ke entry poin pelabuhan internasional Karimun,” bebernya.

Novri melanjutkan, bagi WNI yang masuk juga wajib menunjukkan kartu vaksin baik fisik maupun secara digital sebagai bukti.

“Menunjukkan bukti vaksin juga syarat wajib bagi PPLN. Untuk yang tidak dapat menunjukkan bukti vaksin, maka perlu dilakukan pemeriksaan RT PCR. Setelah dilakukan vaksinasi, PPLN tadi wajib di karantina,” tambahnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine