BerandaKEPRIKARIMUNWaspada! DBD Mulai Menyerang Karimun, Kadinkes ingatkan Lakukan 3M

Waspada! DBD Mulai Menyerang Karimun, Kadinkes ingatkan Lakukan 3M

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang masyarakat Kabupaten Karimun. Tercatat, hingga bulan Mei terdapat 11 pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit.

“Dari data kami, tercatat sebanyak 11 orang yang sedang menjalani perawatan. Rinciannya 4 pasien dewasa, dan tujuh anak-anak,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi, Selasa (10/5/2022).

Rahmadi merincikan, empat pasien DBD dewasa semuanya dirawat di RSUD Muhammad Sani. Sedangkan tujuh pasien anak-anak, 4 diantaranya dirawat di RSUD Muhammad Sani, dan 3 orang dirawat di Rumah Sakit Bakti Timah.

Selama tahun 2022 tercatat sebanyak 273 kasus DBD di Kabupaten Karimun dengan tingkat kematian berjumlah dua orang.

“Memang pas lebaran ini, kasus DBD sempat mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan tersebut kemungkinan masyarakat belum menjalankan 3M dengan maksimal,” tegasnya.

Rahmadi mengingatkan agar masyarakat kembali melaksanakan 3M di lingkungan rumah mereka agar terhindar dari gigitan nyamuk yang menyebabkan terjadinya demam berdarah.

“Masyarakat harus berpartisipasi menekan angka DBD ini. Diantaranya dengan menutup tempat penampungan air, menguras tempat penyimpanan air seminggu sekali, dan mengubur barang-barang bekas yang menjadi tempat genangan air,” tuturnya.

Rahmadi juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap gejala DBD seperti demam mendadak, mual, muntah, lesu dan gejala lainnya seperti mimisan dan bintik merah di kulit.

“Jika masyarakat mendapati dirinya atau keluarga dengan kondisi seperti diatas, diharapkan segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” imbuh Rahmadi. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine