BerandaKEPRIKARIMUNHilang di SPBU, Harga Pertalite di Pengecer Capai Rp25 Ribu Perbotol

Hilang di SPBU, Harga Pertalite di Pengecer Capai Rp25 Ribu Perbotol

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – BBM jenis pertalite mulai langka di SPBU Poros, dan Seiraya Karimun. Akibatnya, antrian panjang kendaraan pun terlihat sejak Jumat (29/4/2022).

Anehnya kelangkaan Pertalite tidak terjadi di tingkat pengecer. Hanya saja, harga jualnya sudah melambung tinggi yakni hingga Rp25 ribu perbotol.

“Nyari Pertalite sudah susah sekarang, antrian panjang di SPBU. Tapi kalau beli di pengecer pinggir-pinggir jalan, harganya capai Rp25 ribu perbotol,” keluh salah seorang warga, Iman Pratama.

Iman Pratama juga meminta dinas terkait untuk melakukan pengawasan di lapangan. Sekaligus menertibkan kembali pengecer-pengecer yang mulai nakal menjual pertalite dengan harga yang sangat tidak wajar tersebut.

Di tempat lain, Kabid ESDM Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan ESDM Kabupaten Karimun Vandarones Purba menyebutkan, kekosongan BBM di SPBU karena keterlambatan pasokan dari kapal pengangkut dari Tanjunguban. Karena juga terjadi antrian.

“Antrian di dermaga Pertamina Tanjunguban yang sangat padat menjelang Idul Fitri, makanya pasokan BBM untuk Karimun agak telat sampainya,” ujarnya.

Disisi lain, jumlah kendaraan bermotor juga semakin bertambahnya. Akibatkan pengunaan BBM pun ikut meningkat.

“Siang ini tongkang pengakut BBM diperkirakan sudah tiba di Karimun. Pertalite juga sudah tersedia di SPBU Seirayahari ini. Jadi masyarakat bisa membeli di sana,” tambahnya.

Terkait pengecer yang menjual pertalite dengan harga yang tidak wajar, Vandarones meminta agar masyarakat melaporkan ke pihak yang berwajib jika menemukan hal tersebut.

“Kewenangan kami di sini hanya sebatas pengecekan stok, dan memastikan BBM tersedia. Kalau untuk pengecer yang menjual dengan harga yang tak wajar, saya harap masyarakat bisa melaporkannya ke pihak kepolisian karena terkait UU Migas. Gakumnya ada di kepolisian,” tegasnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine