BerandaKEPRIKARIMUNLestarikan Malam 7 Liko, Pemuda Bukit Raya Permai Bangun Gerbang Lampu Colok

Lestarikan Malam 7 Liko, Pemuda Bukit Raya Permai Bangun Gerbang Lampu Colok

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Pemuda Bukit Raya Permai, Kelurahan Sungai Raya, membangun gerbang lampu colok. Pun begitu dengan Pemuda Lubuk Semut, Kecamatan Karimun.

Pembangunan gapura lampu colok bertujuan melestarikan peringatan malam 7 liko Ramadhan.

“Gerbang ini dibangun untuk membangkit semangat pemuda seklaigus memeriahkan kampung halaman menyambut Idul Fitri,” ujar Ketua Pemuda Bukit Raya Permai, Hamdan, Kamis (28/7/2022).

Hamdan menyebutkan, bahwa gerbang tersebut dibangun dengan bantuan support dan donasi dari tokoh masyarakat, serta masyarakat RT 001/ RW.003 Jalan Ivora.

“Pembangunan gerbang tersebut kita bangun sejak awal bulan puasa. Hingga sekarang kita masih berbenah apa yang harus kita tambah yang kurang tersebut,” tambahnya.

Untuk puncaknya, Hamdan mengatakan gerbang tersebut akan dinyalakan selama 4 malam berturut turut sebelum Idul Fitri.

“Insha Allah, empat malam sebelum Idul Fitri kita usahakan lampunya semaksimal mungkin. Permulaanya kita nyalakan malam ini bertepatan dengan 7 liko,” tuturnya.

Terpisah, Asbullah salah satu pemuda Lubuk Semut juga mengaku mempersiapkan gerbang colok dalam menyambut malam 7 liko.

“Pintu gerbang dibuat karena memang sudah menjadi tradisi masyarakat Karimun umumnya, dan khususnya Lubuk Semut. Setiap tahun ke tahun tetap bangun gerbang lampu colok meski ada festival ataupun tidak,” tuturnya.

Ia melanjutkan bahwa gerbang lampu colok bertujuan untuk menyemarakkan Ramadhan, dan menyambut Idul Fitri serta membangun semangat kekeluargaan dan kekompakan sesama.

“Gerbang di Lubuk Semut ini kami bangun dari sumbangan sukarela dari seluruh masyarakat RW.02 Kelurahan Lubuk Semut. Harapan kita, semoga tahun depan setiap sudut kelurahan atau kecamatan bisa melihat kembali gerbang colok yang sudah menjadi tradisi ini,” harapnya.

Senada dengan itu, Ketua Pemuda Bukit Raya permai juga berharap kedepannya di Kabupaten Karimun diadakan lagi pertandingan lampu colok. Karena bagi mereka lampu coloklah yang memebuat suasana menyambut Idul Fitri jadi semakin meriah di kampung-kampung. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine