BerandaKEPRIKARIMUNNekat Ngamen di Batam, 4 Anak di Bawah Umur Dipulangkan ke Karimun

Nekat Ngamen di Batam, 4 Anak di Bawah Umur Dipulangkan ke Karimun

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Empat orang anak di bawah umur asal Karimun yang nekat ngamen di Batam, dikembalikan ke orang tuanya oleh pihak kepolisian pada Sabtu (24/4/2022).

Empat anak asal Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun tersebut berinisial P (14 tahun), H (13 tahun), A (9 tahun), dan S (12 tahun).

Peristiwa berawal dari laporan orang tua anak berinisial P yakni E (37 tahun) ke kepada Yayasan Insan Peduli Karimun yang menyatakan telah kehilangan anak mereka.

Pengurus yayasan kemudian bersama orang tua melaporkan kejadian kehilangan anak tersebut ke Polres Karimun pada Jum’at (22/4/2022) malam.

Setelah melakukan pencarian oleh pihak kepolisian dibantu pihak keluarga dan pengurus yayasan, didapati ke empat orang anak di bawah umur tersebut berada di Kota Batam.

Polres Karimun segera berkoordinasi dengan kepolisian Kota Batam untuk mengamankan ke empat tersebut. Kemudian keempatnya diulangkan ke Karimun.

“Setelah kami lakukan introgasi, kami menyimpulkan ke empat orang anak ini pergi ke Batam tanpa sepengetahuan orang tua. Tujuannya memang untuk ngamen,” ujar Kasatreskrim Polres Karimun AKP Arsyad Riyandi.S.IP.MH.

Arsyad mengatakan, anak tersebut nekat ngamen sampai ke Batam karena di kota tersebut mereka bisa dapat penghasilan sampai Rp300 ribu sekali ngamen.

“Motivnya ya untuk mendapatkan penghasilan lebih dari kegiatan ngamen. Sehingga mereka memberanikan diri sampai keluar kota di usia yang masih tergolong anak-anak,” imbuhnya.

Arsyad mengatakan bahwa pengawasan dan didikan orang tua terhadap anak perlu lebih di optimalkan lagi. Sehingga kejadian ini tidak terulang kembali.

“Tidak ada unsur paksaan dari orang lain dalam kasus ini. Kami sudah membuatkan surat penyerahan ke orang tua mereka, dan meminta orang tua untuk lebih mengawasi dan mendidik anak-anak mereka,” tegasnya.

Pihak keluarga dan pengurus Yayasan Insan Peduli Karimun mengucapkan terimakasih, dan mengapresiasi kesigapan dan respon cepat dari Polres Karimun.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Polres Karimun atas respon cepatnya membantu para orang tua mengamankan, mengawal serta membawa anak mereka kembali ke Karimun,” ujar Nanik Karnila, pemilik Yayasan Insan Peduli Karimun yang ikut memebantu dalam pencarian anak tersebut.

Nanik berharap semua pihak saling meningkatkan pengawasan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Untuk orang tua anak, kami tegaskan untuk lebih mengawasi anak-anak mereka, dan juga kami berharap pihak terkait di pelabuhan domestik juga meningkatkan pengawasan dan lebih memperhatikan terhadap penumpang kapal. Sehingga anak di bawah umur tanpa dampingan orang tua tidak bisa dengan mudah menaiki kapal yang akan berangkat keluar kota,” tambahnya. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine