BerandaKEPRIKARIMUNDistributor Mulai Pasok Minyak Goreng Curah, Dijual Rp14 Ribu Perliter

Distributor Mulai Pasok Minyak Goreng Curah, Dijual Rp14 Ribu Perliter

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Distributor kembali memasok minyak goreng curah ke Karimun mulai Kamis (21/4/2022).

Minyak goreng curah sudah beredar di pasar, retail, dan toko-toko sembako tradisional. Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah yakni Rp14 ribu per liter.

“Untuk Harga Enceran Tertinggi (HET) Rp14 ribu perliter, dan Rp15 ribu perkilo sesuai edaran Kementrian Perdagangan,” ujar Kadisdag, Koperasi, UMKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Basori.

Pendistribusian minyak goreng curah dilakukan oleh PT.PMK selaku distributor. Untuk saat ini, sebanyak delapan ton minyak goreng curah sudah dipasok.

“Untuk Kabupaten Karimun, distributornya PT PMK. Saat ini sudah masuk sekitar 8 ton minyak goreng curah dan siap diedarkan di pasar-pasar, dan toko-toko sembako,” papar Basori.

Kehadiran minyak goreng jenis curah diharapkan dapat membantu memenuhi kuota kebutuhan di Karimun. Disisi lain juga sangat membantu masyarakat menengah ke bawah, dan pelaku usaha mikro yang menggunakan minyak goreng untuk kebutuhan usaha mereka.

“Saat ini minyak goreng jenis curah di jual secara bebas, khususnya buat masyarakat kurang mampu, dan usaha mikro kecil menengah yang menggunakan bahan baku minyak goreng,” tegasnya.

Minyak goreng yang awalnya diberlakukan satu harga oleh Kementrian Perdagangan, mulai Mei 2022 melalui SE Kementerian Perdagangan mulai dikembalikan harganya ke mekanisme pasar.

Hal tersebut menyebabkan beberapa pelaku usaha mikro dan menengah menaikkan harga jual produk mereka. Mengingat minyak goreng dari harga awal perliter Rp14 ribu melonjak menjadi Rp24 ribu perliternya.

“Dengan adanya minyak goreng curah ini sedikit membantu. Karena harganya lebih murah dari yang kemasan. Terutama untuk usaha gorengan saya,” ujar Agus, salah satu pedagang gorengan. (nku)

SARAN BERITA
Google search engine