BerandaKEPRIKARIMUNPT Timah Bangun Tanggul Penahan Abrasi Sepanjang 400 Meter di Tiga Lokasi

PT Timah Bangun Tanggul Penahan Abrasi Sepanjang 400 Meter di Tiga Lokasi

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – PT Timah Tbk bakal membangun tanggul penahan abrasi sepanjang 400 meter di toga lokasi berbeda di Kabupaten Karimun.

Pemasangan tanggul sepanjang 400 meter ini dilakukan oleh Divisi K3LH PT Timah Bidang Reklamasi. Adapun tiga titik lokasi yang dibangun Dusun III Mata Air, Desa Kundur sepanjang 200 meter.

Kemudian, Dusun II Desa Gemuh, Kecamatan Kundur Barat sepanjang 100 meter. Terakhir, di Pantai Pongkar, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing sepanjang 100 meter.

Sebelum membangun tanggul, PT Timah Tbk melakukan sosialisai kepada perwakilan masyarakat di Gedung Serbaguna Desa Kundur, Rabu (30/3/2022) lalu.

“Kami merasa senang lah, pantai kami dibangun tanggul penahanan abrasi. Karena setiap tahun garis pantai semakin tergerus abrasi sampai tepi rumah. Padahal dulu jarak antara bibir pantai dengan rumah warga cukup jauh namun sekarang tinggal beberapa jengkal saja,” terang warga bernama Saparudin.

Sementara Kepala Desa Kundur M. Nuru menyampaikan apresiasinya kepada PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakat dalam berbagai bidang.

“Saya mewakili masyarakat Desa Kundur khususnya Dusun III Mata Air mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang akan melakukan pemasangan tanggul penahanan abrasi,” ujarnya.

Ia menyebutkan, abrasi di Dusun III Mata Air memang cukup parah, dan banyak pemukiman warga.

“Dengan dipasangnya tanggul penahan abrasi ini, tentu masyarakat bisa merasa lebih tenang, dan aman,” paparnya.

Warga Dusun II Desa Gemuruh juga antusias dengan kegiatan pemasangan tanggul penahanan abrasi.

“Kami berharap tenaga kerja bisa dari masyarakat sekitar lokasi. Jadi secara tidak langsung tercipta lapangan pekerjaan yang akan berpengaruh kepada kegiatan ekonomi masyarakat,” harap Ketua Nelayan
Desa Gemuruh, Haji Idris.

Apresiasi untuk PT Timah Tbk pun disampaikan Camat Kundur Barat, Khaidir.

“Banyak program program dari PT Timah yang bisa langsung menyasar masyarakat bawah dan itu saya sangat mendukung. Terlebih sekarang akan ada pemasangan tanggul penahanan abrasi, kami pihak kecamatan berterima kasih karena akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat,” katanya.

Sejak tahun 2017 sampai 2020, PT Timah Tbk telah membangun tanggul penahanan abrasi sepanjang 1760 meter di Kecamatan Kundur Barat. (rls/nku)

SARAN BERITA
Google search engine