BerandaKEPRIKARIMUNBesok, Aliansi Boedak Balai Bersatu Gelar Seminar Bedah Sejarah Karimun

Besok, Aliansi Boedak Balai Bersatu Gelar Seminar Bedah Sejarah Karimun

Marwahkan Diri, Melayukan Negeri

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com Aliansi Boedak Balai Bersatu (AB3), bakal menggelar seminar membedah sejarah Karimun, Sabtu (29/1/2022) di Gedung Nasional.

Kegiatan yang dihelat aliansi yang tergabung dari sejumlah ormas/OKP ini bertujuan mendorong masyarakat Kabupaten Karimun untuk memiliki wawasan sejarah lokal.

Mengangkat tema “Marwahkan Diri, Melayukan Negeri” harapan AB3 adalah bagaimana membangun pemahaman bahwa kehidupan sekarang adalah keberlanjutan dari masa lalu. Artinya sejarah akan senantiasa terjaga dalam ruang ingatan masyarakat terutama kemanfaatan untuk kehidupan.

“Jadi dengan memahami sejarah lokal, masyarakat diharapkan bisa turut mewarisi, menjaga, dan melestarikan sejarah daerah,” ujar Ketua Panitia, Muhammad Firdaus.

Menurut pria yang akrab disapa Daus ini, banyak substansi sejarah bersifat lokal kedaerahan yang menarik untuk digali.

Sehingga dengan memahami sejarah Karimun, diharapkan masyarakat mampu ikut melestarikan warisan budaya yang bersumber dari daerah yang hingga kini belum sepenuhnya digali, dan dikembangkan.

“Menguatnya kesadaran sejarah dari berbagai kalangan, dan lapisan masyarakat, tentu menjadi sinyalemen baik akan terwujudnya masyarakat yang tidak hanya dewasa dalam kebudayaan, tetapi juga berperadaban,” tuturnya.

Kegiatan yang dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB, menghadirkan narasumber zuriat amir di Karimun, Raja Syirwansyah. Tidak sekadar menyampaikan materi, tetapi undangan pun bisa berdialog sekaligus melakukan tanya jawab.

“Tak lupa kami juga mengundang Bupati Karimum Aunur Rafiq yang juga selaku Datok Setia Amanah,” tutup Firdaus.(ifa)

SARAN BERITA
Google search engine