BerandaKEPRIKARIMUNHabiskan Malam Minggu Sambil Nikmati Pameran Bonsai di Coastal Area

Habiskan Malam Minggu Sambil Nikmati Pameran Bonsai di Coastal Area

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Karimun Bonsai Fest 2022 menjadi daya tarik pengunjung Coastal Area Tanjungbalai Karimun saat menghabiskan malam Minggu. Mengambil lokasi di bagian barat Hall A Coastal Area, pengunjung dimanjakan dengan beraneka jenis bonsai yang dipamerkan.

Acara digagas Komunitas Santalia Bonsai Club. Perhelatan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karimun berlangsung dari tanggal 21 sampai 24 Januari 2022.

Rudi Hantoro, anggota Santalia Bonsai Club menuturkan, tujuan dihelat acara Karimun Bonsai Fest sebagai bentuk eksistensi komunitas. Apalagi selama dua tahun terakhir, Santalia Bonsai Club vakum menggelar acara dikarenakan pandemi Covid-19.

“Dua tahun sudah kami tidak menggelar kegiatan karena pandemi. Kali ini, kami kembali eksis untuk event yang ke-6,” ujar Rudi Hantoro, Sabtu (21/1/2022).

Kegiatan yang sudah dimulai tahun 2016 ini, lanjut Rudi, juga sebagai ajang unjuk kreativitas anggota dalam mengolah tanaman bonsai. Adapun jenis tanaman yang banyak pamerkan adalah jenis Anting Putri atau dikenal dengan nama latin wrightia religiosa.

“Untuk jenis tanaman bonsai yang dipamerkan, terbanyak jenis Anting Putri yang merupakan endemic Karimun. Selain itu ada juga tanaman kelapa, asam jawa, brazilian, sancan, dan banyak lagi,” tambah Rudi Hantoro.

Pantauan di lapangan, banyak pengunjung yang tertarik dengan bonsai yang dipamerkan. Bahkan tidak sekadar mengagumi, tetapi juga ingin membelinya.


Untuk masalah harga, Rudi Hantoro mengaku tidak ada patokan untuk bonsai yang dipamerkan.

“Jika ada pengunjung yang tertarik ingin membeli, bisa langsung lakukan penawaran kepada pemilik bonsai. Artinya, tergantung pemilik bonsai lah untuk memasng tarifnya,” sebut Rudi.

Tanaman bonsai merupakan jenis tanaman yang sudah lama dibudidayakan, dan banyak diminati pecinta tanaman. Teknik perawatan dan pengolahan yang terbilang sulit, menjadikannya tantangan tersendiri bagi pecinta tanaman. Tak heran untuk satu tanaman bonsai harganya bisa sampai jutaan rupiah, atau bahkan ratusan juta rupiah. (*/nku)

SARAN BERITA
Google search engine