BerandaKEPRIKARIMUNPasar Teluk Uma Tebing Peringkat 6 Nasional Pasar Pangan Aman 2021

Pasar Teluk Uma Tebing Peringkat 6 Nasional Pasar Pangan Aman 2021

Google search engine

KARIMUN, kabarkarimun.com – Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun menduduki peringkat ke enam (6) nasional, Pasar Pangan Aman tahun 2021.

Penyerahan piagam penghargaan diwakilkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi kepada Dirut Perumda Bumi Berazam Jaya Devanan Syam di Aston Hotel Tanjungbalai Karimun, Kamis (14/10/2021).

Pasar Teluk Uma di bawah naungan Perumda Bumi Berazam Jaya Kabupaten Karimun ini, masuk dalam 25 nominator Pasar Bebas dari Bahan Berbahaya secara Nasional oleh BP-POM RI.

Pelaksanaan intervensi Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya sepanjang Tahun 2020 di Pasar Teluk Uma dilaksanakan pada bulan April 2021. Saat itu tim penilai dari pusat turun langsung melakukan kegiatan meneliti atau menguji Pasar Teluk Uma.

Adapun Tim Penilai diantaranya Koordinator Bidang Kemitraan Mikro Kecil KKP, Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Muda Kemendagri, Analisis Perdagangan Ahli Madya Kemendagri, dan Koordinator Pemberdayaan Organisasi dan Kemasyarakatan PMPU sekaligus selaku Ketua Tim Juri.

 “Alhamdulillah, Pasar Teluk Uma masuk peringkat 6 nasional Pasar Pangan Aman 2021,” ujar Devanan Syam.

Pria yang akrab disapa Idev ini berharap, keberhasilan Pasar Teluk Uma menjadi contoh bagi pasar lain untuk dapat meraih pengetahuan serupa.

“Pastinya kami senantiasa melakukan pembenahan sarana prasarana dan juga penertiban pedagang untuk mewujudkan pasar sehat dan nyaman,” paparnya.

Keberadaan pasar sehat, bersih dan aman dari bahan berbahaya, dipastikan sangat menguntungkan masyarakat.

“Pembeli akan semakin ramai datang ke pasar, karen berbelanja di pasar sehat akan terbebas dari racun atau bahan berbahaya,” papar Idev.

Lomba pasar pangan aman berbasis komunitas dan desa pangan aman itu, diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perlombaan tersebut disejalankan juga dengan workshop, dalam rangka Hari Keamanan Pangan Dunia/World Food Safety Day (WFSD) 2021. (njo)

SARAN BERITA
Google search engine