BerandaKEPRIKARIMUNDPRD Setujui Ranperda Kecamatan Selat Gelam dan Sugie Besar

DPRD Setujui Ranperda Kecamatan Selat Gelam dan Sugie Besar

Google search engine

kabarkarimun – DPRD Karimun menyetujui pembentukan dua kecamatan baru di Kabupaten Karimun. Dua kecamatan pemekaran tersebut, Kecamatan Selat Gelam, dan Kecamatan Sugie Besar.

Persetujuan pemekaran dua kecamatan baru diambil setelah DPRD menggelar Paripurna yang dipimpin M Yusuf Sirat, Selasa (15/9/2020) dengan dihadiri 21 anggota. Tampak hadir Bupati Karimun DR H Aunur Rafiq SSos MSi.

Kecamatan Selat Gelam merupakan pemekaran dari Kecamatan Karimun. Kecamatan baru ini nantinya memiliki wilayah Desa Parit, Desa Parit II, Desa Tulang, dan Desa Selat Mendaun dengan jumlah 24 pulau.

Sedangkan Kecamatan Sugie Besar pemekaran Kecamatan Moro. Beribukota Rawa Jaya, Kecamatan Sugi Besar terdiri dari Desa Sugie, Nyiur Permai, Keban, dan Rawa Jaya dengan jumlah 55 pulau.

Juru Bicara Panitia Khusus Pemekaran Kecamatan, Efrizal menyebutkan, inisiasi pemekaran kecamatan sebagai langkah memperpendek rentang kendali pemerintahan. Mengingat kedua kecamatan merupakan wilayah yang terdiri dari gugus pulau-pulau.

“Sehingga perlu dilakukan pembentukan kecamatan baru untuk mempersingkat rentang kendali sekaligus mempercepat pemerataan pembangunan, dan ekonomi,” ungkap Efrizal.

Delapan fraksi di DPRD Karimun menyetujui pemekaran kecamatan baru tersebut. Selanjutnya Ranperda Penekaran Kecamatan di tahun 2020 ini dibawa ke pusat untuk disetujui.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pansus yang sudah bertungkus lumus menyelesaikan Ranperda pemekaran kecamatan baru.

“Saya percaya pemekaran kecamatan bisa memperpendek rentang kendali. Termasuk pemerataan pembangunan,” papar Bupati. (njo)

SARAN BERITA
Google search engine