BerandaKEPRIKARIMUNProses Mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Cuma 10 Menit

Proses Mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Cuma 10 Menit

Google search engine

kabarkarimun.com, karimun – Beragam upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Karimun dalam percepatan penanganan Covid-19. Di antaranya memberlakukan pembatasan perjalanan orang berdasarkan surat edaran no.300/SET-Covid-19/V/06/2020.

Bagi warga Karimun yang ingin berpergian cukup mengantongi minimal surat keterangan sehat dari Puskesmas. Pun begitu bagi warga yang masuk ke Karimun harus mengantongi Surat Keterangan Sehat.

Hanya saja, pemberlakuan Surat Keterangan Sehat ini sempat menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Sebagian berpendapat tidak penting pemberlakuan surat kesehatan tersebut,

Di sisi lain, dengan mengajukan pembuatan surat keterangan sehat akan memperlambat. Bahkan menghambat ketika hendak seseorang ingin berangkat keluar Karimun.

“Kita sehat kok. Kalau kita sakit, dan tidak ada keperluan penting, mana mungkin kita mau berangkat. Ini malah nambah lambat saja,” keluh Ahmad saat ditemui Minggu (12/07/2020).

Ahmad mengaku kesal, karena saat membeli tiket malah dimintai surat keterangan kesehatan. Padahal jam sudah menunjukkan pukul 11.45 WIB, dan jadwal keberangkatan kapal tujuan Sekupang, Batam adalah pukul 12.15 WIB.

“Saya sudah buru-buru dari rumah takut tinggal kapal, malah diminta buat surat keterangan kesehatan pula. Inikan hari Minggu, buka nggak tuh pelayanan surat di rumah sakit,” ucap Ahmad dengan nada sedikit keras.

Mengantongi surat keterangan sehat dari Puskesmas, sejatinya cukup meringankan bagi warga yang masuk ke Karimun, maupun ingin bepergian keluar daerah. Artinya warga tidak perlu repot harus mengikuti tes cepat, maupun swab yang membutuhkan biaya cukup tinggi.

Sebaliknya, permohonan untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas lebih murah, dan cepat. Prosesnya tidak sampai 10 menit, surat keterangan sehat sudah di tangan.

“Coba abang ke sana (Puskesmas, red). Cepat kok prosesenya, paling lama 10 menit,” kata petugas loket di pelabuhan.

Pantauan di Puskesmas Tanjung Balai Karimun, tidak terlihat antrian warga yang datang mengajukan permohonan pembuatan surat keterangan sehat. Hanya ada lima orang, dan tiga petugas Puskesmas.

Dan persyaratan untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan pun tidak sulit, dan tidak mahal. Cukup membawa kartu identitas diri.

Persyaratan Mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan. Foto : Ngajno/kabarkarimun.com
Persyaratan Mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan. Foto : Ngajno/kabarkarimun.com

“Cukup datang membawa KTP. Lalu kami lakukan pengecekan suhu tubuh, dan tensi. Asal tidak ada gejala batuk, pilek, flu atau demam, pembuatan surat keterangan sehat langsung diproses,” ujar seorang petugas Puskesmas.

Setelah mendapatkan surat keterangan kesehatan, pemohon wajib membayar Rp10.000 untuk kategori umum, dan Rp5.000 untuk kalangan pelajar.

“Tarif ini sesuai Perda No.9 tahun 2011,” bebernya. (jno)

SARAN BERITA
Google search engine